PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KESIAPAN REMAJA PUTRI PRA PUBERTAS DALAM MENGHADAPI MENARCHE (DI SDN SAMBIKEREP 1 SURABAYA)

Dwi Ayu Zantyka, NIM011511233004 (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KESIAPAN REMAJA PUTRI PRA PUBERTAS DALAM MENGHADAPI MENARCHE (DI SDN SAMBIKEREP 1 SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FK.BID. 38-19 Zan p Abstrak.pdf

Download (65kB)
[img] Text (Daftar Isi)
FK.BID. 38-19 Zan p Daftar Isi.pdf

Download (79kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FK.BID. 38-19 Zan p Daftar Pustaka.pdf

Download (72kB)
[img] Text (Fulltext)
FK.BID. 38-19 Zan p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 July 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang : Informasi tentang menstruasi yang kurang berdampak pada pengetahuan dan kesiapan remaja putri dalam menghadapi menarche. Salah satu upaya pemerintah dalam mengatasi hal tersebut dengan memberikan pendidikan kesehatan melalui program puskesmas. Namun hasil studi pendahuluan yang dilakukan menunjukkan program tersebut belum efektif karena hanya diberikan kepada beberapa siswi saja dan sebagian besar responden masih memiliki pengetahuan dan kesiapan menarche yang kurang dan merasa takut, sedih dan tidak siap dalam menghadapi menarche. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kesiapan remaja putri pra pubertas dalam menghadapi menarche. Metode : Desain penelitian ini adalah quasy experimental design dengan rancangan pretest-posttest group design. Populasinya remaja putri pra pubertas kelas 4 dan 5 tahun 2019, pengambilan sampling dengan teknik propotional random sampling dengan besar sample sebanyak 32 responden. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan yang diberikan sebanyak 2 kali pertemuan (dua minggu satu pertemuan), pada pertemuan pertama dengan metode ceramah dan pada pertemuan kedua dengan permainan edukatif, dan variable dependen adalah pengetahuan dan kesiapan menghadapi menarche. Analisis yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji Wilcoxon Signed-Rank Test dan Mann Whitney U Test. Hasil : hasil penelitian terdapat perbedaan antara kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dalam hal pengetahuan (p<0,001) dan sikap (p<0,001). Nilai pengetahuan kelompok perlakuan mengalami kenaikan yang signifikan (99,7%) setelah diberikan perlakuan ceramah dan permainan edukatif, sedangkan kelompok kontrol mengalami sedikit kenaikan (2,81%). Perubahan sikap dialami oleh kedua kelompok, kelompok perlakuan (44,01%) dan kelompok kontrol (7,2%). Kesimpulan : ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kesiapan remaja putri pra pubertas dalam menghadapi menarche.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID. 38-19 Zan p
Uncontrolled Keywords: Menarche, kesiapan, pendidikan kesehatan, ular tangga
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Dwi Ayu Zantyka, NIM011511233004NIM011511233004
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorK.Kasiati,, S.Pd.,M.KesUNSPECIFIED
ContributorSamsriyaningsih Handayani, dr.,M.Kes., M.Ed., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:50
Last Modified: 11 Jul 2019 03:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item