PELAPORAN SEGMEN BERDASARKAN AKTIVITAS UNTUK MENILAI PROFITABILITAS SEGMEN PRODUK DI PT. "X"

MAYEKA WAHYUNI, 040234575 (2005) PELAPORAN SEGMEN BERDASARKAN AKTIVITAS UNTUK MENILAI PROFITABILITAS SEGMEN PRODUK DI PT. "X". Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-wahyunimay-5883-a39805-k.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-wahyunimay-5883-a39805-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT"X" adalah perusahaan yang bergerak dibidang furniture, produk yang dihasilkan PT"X" adalah bed, table, chair, buffet, TV cabinet dan kitchen cupboard. PT"X" selama ini menyajikan laporan rugi-laba perusahaan dalarn format tunggal untuk mengetahui tingkat kemajuannya. PT"X" belum menyajikan laporan segmen masing-masing produk dengan pendekatan aktivitas. Oleh karena itu, penelitian in bertujuan untuk mengetahui tingkat profitabilitas masing-masing produk dengan pendekatan aktivitas. Selain itu penelitian ini juga untuk menentukan bauran penjualan produk yang menghasilkan laba yang optimal dimasa datang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriftif kualitatif, yang pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara melalui tatap muka, telepon, sedangkan pengumpulan data kuantitatif secara dokumentasi melalui manajer akuntansi PT"X". Batasan penelitian ini yaitu melakukan analisis profitabilitas masing-masing segmen produk dan penentuan bauran penjualan produk dengan menggunakan metode simpleks dengan menggunakan program Quantitative System 3.0. Teknik analisis data untuk mengetahui tingkat profitabilitas menggunakan contribution margin ratio, segmen margin ratio, dan untuk mengetahui perubahan laba dengan degree of operating leverage. Dari hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa contribution margin ratio bed 18.26%, table 7.8%, chair 15.20%, buffet 24.94%, TV cabinet 22.25%. Kitchen Cupboard 9.79%. Segmen margin ratio bed 12.58%, table 11.38%, buffet 6.64%, chair 18.58%, TV Cabinet 15.82% dan kitchen cupboard 3.11%. Ini berarti buffet merupakan produk yang akan memberikan segmen margin ratio yang paling besar diantara produk-produk yang lainnya. Tingkat leverage operasi untuk bed sebesar 1.01%, table 0.96%, chair 0.69%, buffet 0.81%, TV cabinet 0.91%, kitchen cupboard 0.19% yang artinya bed lebih sensitif terhadap kemungkinan perubahan penjualan dibandingkan dengan produk yang lain. Sedangkan bauran penjualan untuk bed 5835 unit, table 8247 unit, chair 9716 unit, buffet 4454, TV cabinet 5814 unit dan kitchen cupboard 2563 unit. Dengan melakukan bauran penjualan tersebut, maka PT "X" memperoleh margin kontribusi sebesar Rp 4,057,561,354.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A.398/05 Wah p
Uncontrolled Keywords: COST ACCOUNTING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
MAYEKA WAHYUNI, 040234575UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI Made Narsa, Drs., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 24 Jan 2008 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8490
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item