DETERMINAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU OPEN DEFECATION DI DESA NGAMPAL KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO

PRASETIYA WAHYUNI, 131411133032 (2019) DETERMINAN FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU OPEN DEFECATION DI DESA NGAMPAL KECAMATAN SUMBERREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (28kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (79kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (71kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Open defecation merupakan gaya hidup yang tidak sehat dengan membuang air sembarangan di ladang, semak dan sungai sehingga dapat mencemari lingkungan dan menyebabkan penyakit. Buang air besar terbuka umumnya dilakukan oleh masyarakat pedesaan, salah satunya di Desa Ngampal Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor perilaku buang air besar sembarangan di masyarakat di Desa Ngampal Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Bojonegoro. Metode: Ini adalah penelitian deskriptif analitik. Populasi adalah 410 penduduk desa dengan buang air besar sembarangan. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Variabel bebas penelitian ini adalah pengetahuan, sikap, referensi pribadi, variabel dependen dari penelitian ini adalah perilaku buang air besar sembarangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan memiliki (p = 0,048 r = 0,139) dan sikap (p = 0,042 r = -0,144), dan referensi pribadi (p = 0,048 r = 0,139). Hasilnya menunjukkan bahwa ada korelasi antara pengetahuan dengan perilaku, sikap dengan perilaku, personal reference dengan perilaku. Diskusi: dapat disimpulkan, buang air besar sembarangan di Desa Ngampal disebabkan oleh peran tokoh masyarakat dan penyedia layanan kesehatan masih sangat rendah, faktor yang kurang mendukung, asumsi negatif bahwa buang air besar sembarangan adalah perilaku umum dan tingkat pendidikan rendah. Jadi, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya jamban seperti tantangan cerdas, pertemuan sosial jamban dengan program dedikasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 88/19 Wah d
Uncontrolled Keywords: Knowledge, Attitude, Personal reference, Open defecation behavior
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
PRASETIYA WAHYUNI, 131411133032UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEka Mishbahatul MHAS, , S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 05:04
Last Modified: 11 Jul 2019 05:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84903
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item