HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU KEBERSIHAN GENITAL PADA REMAJA PUTRI

Arfa Zikrian, 131411133024 (2019) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU KEBERSIHAN GENITAL PADA REMAJA PUTRI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (129kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (198kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (234kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 11 July 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak–anak. Remaja putri pada saat ini mengalami pubertas dengan terjadinya menstruasi sebagai tanda mulai berfungsinya organ reproduksi secara biologis. Sehinggan sangat penting menjaga kebersihan area genital sebagai upaya meningkatkan kesehatan reproduksi. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku kebersihan genital pada remaja, diantaranya pribadi seseorang dan dukungan keluarga yang didapat. Tujuan dalam penelitian ini menjelaskan apakah terdapat hubungan antara tipe kepribadian dan dukungan keluarga dalam perilaku kebersihan genital pada remaja putri. Metode : Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasi dengan pendekatan cross sectional.Variabel independen dalam penelitian ini tipe kepribadian dan dukungan keluarga, dan variabel dependen adalah perilaku kebersihan genital. Sampel penelitian berjumlah 116 responden dengan menggunakan tehnik random sampling. Peneliti menggunakan kuesioner dalam pengambilan data. Analisa data menggunakan analisa deskriptif uji korelasi chi-Square. Hasil : Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa sebagian besar responden memiliki dukungan keluarga baik sebanyak 60,3%, tipe kepribadian extrovert sebanyak 59,5%, dan sebagian besar responden memiliki perilaku yang bersih dalam kebersihan genital sebanyak 70,7%. Hasil uji korelasi antara hubungan tipe kepribadian dan perilaku kebersihan genital didapatkan nilai p = 0,076, yang berarti tidak terdapat hubungan antara tipe kepribadian dan perilaku kebersihan genital pada remaja putri. Sedangkan uji korelasi dukungan keluarga dengan perilaku kebersihan genital pada remaja putri didapatkan nilai p = 0,036 yang berarti terdapat hubungan antara keduanya. Diskusi : Adanya dukungan keluarga yang baik, akan mepengaruhi anak dalam berperilaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 90/19 Zik h
Uncontrolled Keywords: personality type, family support, genital hygiene behavior, adolescent girl
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Arfa Zikrian, 131411133024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlya Krisnana, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2019 07:51
Last Modified: 11 Jul 2019 07:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84915
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item