PERIODONTAL MEDICINE ERA 4.0 Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Periodonsia pada Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu, tanggal 22 Juni 2019

ERNIE MADURATNA SETIAWATIE, Prof. Dr., drg., M.Kes., Sp.Perio (K) (2019) PERIODONTAL MEDICINE ERA 4.0 Pidato Disampaikan pada Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Bidang Ilmu Periodonsia pada Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu, tanggal 22 Juni 2019. Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Airlangga Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext)
KKA KK PG. 03-19 Set p.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit periodontal adalah penyakit yang menyebabkan Inflamasi pada jaringan penyangga gigi sehingga menimbulkan kerusakan yang bersifat progresif pada jaringan penyangga gigi. Penyakit periodontal bersifat kronis dan kumulatif sehingga dapat mengakibatkan. kegoyahan gigi atau gigi tanggal sebelum waktunya. Dalam Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 diketahui bahwa masyarakat Indonesia mempunyai masalah gigi dan mulut rata-rata sebesar 57, 6 %, sedangkan prevalensi penyakit periodont masih cukup tinggi yaitu 74,1 % persen. Berbagai upaya telah dilakukan, baik promotIf preventif maupun Kuratif, namun prevalensi periodontal di Indonesia masih tetap tinggi. Faktor penyebab penyakit periodontal ini sangat kompleks selain bakteri sebagai etiologi utamanya, sejumlah penyakit dan kondisi sistemik dapat menyadi faktor risiko potensial untuk periodontitis.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG. 03/19 Set p
Uncontrolled Keywords: Periodontal, Medicine Era 4.0
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: Pidato Guru Besar
Creators:
CreatorsNIM
ERNIE MADURATNA SETIAWATIE, Prof. Dr., drg., M.Kes., Sp.Perio (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 12 Jul 2019 02:45
Last Modified: 12 Jul 2019 02:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/84922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item