ANALISIS PERTIMBANGAN KONSUMEN BERDASARKAN KEPENTINGANNYA ATAS ATRIBUT RITEL (STORE ATTRIBUTE) TERHADAP PREFERENSI RITEL (STORE PREFERENCE) DI SURABAYA

DWI LAKSONO WIBOWO, 049711597 E (2008) ANALISIS PERTIMBANGAN KONSUMEN BERDASARKAN KEPENTINGANNYA ATAS ATRIBUT RITEL (STORE ATTRIBUTE) TERHADAP PREFERENSI RITEL (STORE PREFERENCE) DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-wibowodwil-5919-b19405-k.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-wibowodwil-5919-b19405-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Maraknya industri ritel belakangan ini, mau tidak mau membuat seluruh pelaku ritel harus berlomba-lomba dalam menarik minat konsumen. Disatu sisi lainnya konsumen juga semakin evaluatif Konsumen akan memberikan prioritas pada ritel-ritel ketika akan melakukan aktivitas berbelanjanya. Kepentingan konsumen atas atribut ritel menjadi bahan pertimbagan konsumen dalam menentukan preferensi ritel Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pertimbangan konsumen berdasarkan kepentingannya atas atribut ritel terhadap preferensi ritel. Terdapat 4 ritel yang bertipe hipermarket (Kottler,1997) yaitu hipermarket Giant, paserba Carrefour, HERO swalayan, dan ALFA retailindo. Penelitian ini menggunakan teknik analisis Deskriminan diharapkan mampu membedakan atribut tiap-tiap ritel. Dengan rumus deskriminan : D = b0 + b1X1, + b2X2 + b3X3 ...+ b8X8 akan dapat diketahui apakah ada perbedaan pada pertimbangan konsumen berdasarkan kepentingannya atas atribut ritel. Adapun hasil dari penelitian ini adalah bahwa terdapat perbeclaan pada pertimbangan konsumen berdasarkan kepentingannya atas atribut rite] yang terbukti secara signifikan berbeda antara lain pada atribut Accessbility, Promotion, dan Facilities. Dimana pads uji F ketiga atribut tersebut nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (P > 0,05). Sedangkan pada uji Eigen Values dapat dilihat bahwa ketiga faktor tersebut dapat dijelaskan oleh deskriminan sebesar 100 %. Sedangkan pada uji Chi Square nilai signifikansi dari ketiganya juga kurang dari 0.05 % yaitu 0,025 % sehingga data basil tersebut signifikan. Hipermarket Giant mempunyai skor tertinggi terhadap atribut Accessbility. Urutan preferensi berikutnya adalah paserba Carrefour dan HERO swalayan. Sedangkan ALFA Retailindo, konsumen diberikan preferensi negatif. Preferensi konsumen tertinggi pada atribut Fasilities adalah Giant 0,266 berturut-turut diikuti oleh ALFA, Carrefour, sedangkan untuk HERO responden memberikan preferensi negatif. Untuk Preferensi konsumen tertinggi pads atribut Promotion adalah paserba Carrefour. Ini berarti konsumen memberikan preferensi positif atas promosi yang dilakukan pihak Carrefour. Tiga ritel yang lain dinilai oleh konsumen dengan preferensi negatif yang berarti promosi yang dilakukan tiga ritel yang lain adalah kurang. Berdasarkan urutan preferensi negatif berturut - turut adalah Giant, ALFA dan HERO.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 194/05 Wib a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR; CONSUMERS PREFERENCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
DWI LAKSONO WIBOWO, 049711597 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDra. Ec. Sri Hartini, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Jan 2008 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8493
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item