ANALISIS PENGARUH PENILAIAN KONSUMEN ATAS ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG ROKOK MARLBORO DI SURABAYA

UBAIDILLAH NURDIN, 040023487 E (2005) ANALISIS PENGARUH PENILAIAN KONSUMEN ATAS ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG ROKOK MARLBORO DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-nurdinubai-5924-b19805-k.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-nurdinubai-5924-b19805-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keputusan pembelian konsumen seringkali didasarkan pads sejumlah atribut produk yang terbatas. Poin yang bisa dipercaya dan berkelanjutan dalam membedakan suatu atribut utama bisa sangat sulit diciptakan, terutama jika salah satu produk pesaing telah mapan. Oleh karena itu, performa dan keunggulan suatu produk sangatlah penting dalam mempengaruhi konsumen. Keberhasilan produsen dalam menguasai pasar dihasilkan oleh mutu produk yang tinggi. Manfaat yang diperoleh konsumen dari transaksi yang telah dilakukan memungkinkan timbulnya niat pembelian ulang ataupun loyalitas atas merek. Tahap pasca pembelian sangat penting karena pengalaman pasca pembelian dapat menghasilkan pembelian ulang dan menciptakan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan. Pada penelitian ini atribut produk yang dipakai dalam penelitian adalah merk, harga, kemasan dan rasa atau aroma. Variabel-variabel tersebut dikaitkan dengan niat pembelian ulang konsumen atas produk. Obyek yang diteliti adalah produk rokok Marlboro yang telah dikenal di kalangan konsumen rokok. Responden berjumlah 120 orang dengan metode pengambilan sampel accidental sampling. Untuk meneliti pengaruh atribut produk terhadap pembelian ulang digunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel atribut produk, yaitu merk, harga, kemasan dan rasa atau aroma memiliki pengaruh yang signifikan, baik secara simultan maupun secara parsial, yang dibuktikan melalui uji F untuk pengujian secara simultan dan uji t untuk pengujian secara parsial. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semua variabel atribut memang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembelian ulang produk rokok Marlboro. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel rasa atau aroma merupakan variabel yang dominan mempengaruhi pembelian ulang konsumen atas produk rokok Marlboro.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 198/05 Nur a
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
UBAIDILLAH NURDIN, 040023487 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDrs. Ec. Hj. Indrianawati Usman, M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Jan 2008 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 19:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8496
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item