PENGARUH KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUTUSAN CALON MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA DI SURABAYA

MAGDA ANGGADJAJA, 040237632 (2005) PENGARUH KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP KEPUTUSAN CALON MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI MANAJEMEN PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS AIRLANGGA DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
6.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-anggadjaja-5929-b20205-min.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini banyak program studi yang ditawarkan oleh perguruan tinggi dan mengaku memiliki kualitas baik, sehingga dapat membuat para lulusan SMU sebagai talon mahasiswa menjadi bingung dalam menentukan pilihan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan, diantaranya adalah pengaruh lingkungan. Pengaruh lingkungan eksternal adalah pengaruh dari orang lain atau kelompok tertentu yang dianggap memiliki kredibilitas tinggi. Kelompok tertentu disini yang dimaksud adalah kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan satu faktor yang mampu membuat pengaruh dalam proses pengambilan keputusan. Karena itulah penelitian ini ingin mengkaji tentang pengaruh kelompok referensi terutama keluarga (yang terdiri dari nuclear family dan extended fumily)dan teman sebaya dalam keputusan memilih program studi manajemen fakultas ekonomi Universitas Airlangga di Surabaya. Untuk melakukan penelitian ini digunakan alat analisis Logistic Regresion yang menggunakan persamaan regresi model logit. Ini dikarenakan skala pengukuran untuk variabel terikatnya menggunakan model kategorik atau dummy. Hasil dari pengolahan data dengan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 11.5 for Windows diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : 1 Y= I + 2,718-{8.494+2,047(X1)+1,943( 2)} Dari model persamaan regresi diatas terlihat bahwa nilai koefisien regresi kedua variabel bebas yang terdiri dari keluarga (X,) dan teman sebaya ( X 2) adalah positi£ Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan, keluarga dan teman sebaya berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih program studi manajemen fakultas ekonomi Universitas Airlangga di Surabaya. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,000 ( p < 0,05). Oleh karena nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0,05 maka dinyatakan ada pengaruh keluarga dan teman sebaya terhadap keputusan memilih program studi manajemen. Sedangkan secara parsial, pengaruh dari masing-masing variabel terhadap keputusan memilih program studi manajemen fakultas ekonomi Universitas Airlangga di Surabaya adalah signifikan. Hal ini dapat dilihat dari besarnya nilai uji Wald, hasil uji wald sebesar 9,161 untuk variabel keluarga (X,) dan hasil uji Wald untuk variabel teman sebaya (X 2) adalah sebesar 4,886. Makin besar nilai uji Wald maka makin dominan variabel tersebut mempengaruhi keputusan memilih program studi manajemen fakultas ekonomi Universitas Airlangga di Surabaya. Denis keluarga yang dimiliki mahasiswa ternyata tidak dapat memberi pengaruh akan keputusan memilih program studi. Hal ini dapat dilihat dari nilai signifikansi untuk keluarga dengan jenis extended family dan untuk jenis nuclear family sebesar 0,496 (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 202/05 Ang p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM
MAGDA ANGGADJAJA, 040237632UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. V. Henky Supit, SE., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Jan 2008 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 20:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8499
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item