BENCANA BANJIR DI MADURA BARAT TAHUN 1875

GITA AYU CAHYANINGRUM, 121511433004 (2019) BENCANA BANJIR DI MADURA BARAT TAHUN 1875. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (28kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang peristiwa Bencana banjir di Madura Barat tahun 1875-1940. Persoalan mengenai banjir menjadi sebuah masalah yang serius bagi Pemerintah kolonial Belanda. Banjir yang hampir melanda setiap tahun di musim penghujan membawa dampak yang serius bagi masyarakat Madura Barat khususnya di bidang kesehatan. Penulisan tentang banjir ini menggunakan metode sejarah yang digunakan untuk menganalisis peristiwa banjir di Madura Barat yang disajikan secara kronologis, di dalamnya mencakup faktor penyebab banjir, dampak, dan upaya penanggulangan yang dilakukan oleh pemerintah maupun masyarakat Madura Barat. Data yang digunakan untuk menunjang penelitian ini berasal dari arsip publikasi resmi pada masa pemerintahan kolonial, surat kabar resmi yang terbit pada masa pemerintahan kolonial, dan ditunjang oleh studi kepustakaan berupa buku, skripsi dan jurnal. Hasil penelitian ini membahas tentang kronologis banjir di Madura Barat mulai dari tahun 1875 yang pertama kalinya banyak muncul berita-berita banjir dalam surat kabar maupun laporan-laporan pemerintah. Penyebab dari banjir di Madura Barat adalah meluapnya sungai akibat dari wilayah Madura yang berada di bawah permukaan laut dan diperparah karena adanya sistem drainase yang salah sehingga air tidak bisa mengalir ke laut. Sikap pemerintah dalam mengatasi banjir adalah membangun tanggul dan bendungan, memberikan dana kesejahteraan Madura dan membangun drainase. Masyarakat juga berperan mengurangi intensitas banjir dengan cara membuat bendungan alami di sekitar sungai. Dengan ini pemerintah dan masyarakat berinisiatif untuk mengurangi bencana banjir di Madura Barat meskipun setiap tahunnya banjir selalu melanda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS Sej 54/19 Cah b
Uncontrolled Keywords: flood, West Madura, Sampang, Bangkalan, drainage, river
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV551.2-639 Emergency management > HV553-639 Relief in case of disasters > HV599-639 Special types of disasters
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
GITA AYU CAHYANINGRUM, 121511433004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSarkawi, Dr., S.S., M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2019 06:20
Last Modified: 11 Oct 2019 06:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85065
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item