GAMBARAN KESESUAIAN ASUPAN GIZI DENGAN BEBAN KERJA PADA PEKERJA COSMETIC PRODUCTION DI PT X

ANGGUN RAGIL PRAMESTI, 151611713009 (2019) GAMBARAN KESESUAIAN ASUPAN GIZI DENGAN BEBAN KERJA PADA PEKERJA COSMETIC PRODUCTION DI PT X. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Abstrak)
FV.HKK. 28-19 Pra g Abstrak.pdf

Download (54kB)
[img] Text (Daftar Isi)
FV.HKK. 28-19 Pra g Daftar Isi.pdf

Download (61kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
FV.HKK. 28-19 Pra g Daftar Pustaka.pdf

Download (66kB)
[img] Text (Fulltext)
FV.HKK. 28-19 Pra g.pdf
Restricted to Registered users only until 16 July 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Asupan gizi adalah banyaknya zat gizi yang berasal dari makanan yang dikonsumsi seseorang dalam satu hari. Asupan gizi yang baik dapat diperoleh dari pemenuhan kebutuhan energi yang sesuai dengan kategori beban kerja. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesesuaian asupan gizi dengan beban kerja pada pekerja compounding area cosmetic production di PT.X. Penelitian ini dilakukan dengan metode observasional deskriptif pada total populasi semua pekerja shift I dan shift II sebanyak 20 orang. Variabel yang diteliti adalah asupan gizi, kebutuhan energi, beban kerja (menurut SNI dan Denyut Nadi) dan status gizi (menurut Indeks Masa Tubuh dan Lingkar perut). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan tabulasi silang dan dibandingkan dengan teori dan peraturan yang berlaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata asupan gizi menurut hasil food recall 24 jam sebesar 2169,8 Kkal dengan kategori kekurangan karbohidrat dan kelebihan lemak. Sebagian besar responden memiliki status gizi obesitas (45%) dan 50% yang mengalami belly obesity. Sebagian besar responden memiliki beban kerja kategori sedang (65%) menurut SNI dan 70% responden memiliki beban kerja kategori ringan menurut pengukuran denyut nadi. Pekerja dengan tingkat pemenuhan kebutuhan energi kurang, memiliki beban kerja beratnya semakin tinggi baik menurut SNI maupun denyut nadi. Namun asupan gizi yang diberikan perusahaan hampir seluruhnya melebihi asupan kalori yang dianjurkan untuk bekerja selama 8 jam kerja. Disimpulkan bahwa pekerja dengan beban kerja kategori berat, memiliki nilai asupan gizi yang kurang. Disarankan agar perusahaan melakukan penilaian asupan gizi yang dapat mendukung kapasitas kerja sehingga beban kerja akan terasa lebih ringan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK. 28-19 Pra g
Uncontrolled Keywords: Asupan gizi, Beban kerja, Kebutuhan Energi, Status gizi.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANGGUN RAGIL PRAMESTI, 151611713009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Jul 2019 09:53
Last Modified: 16 Jul 2019 09:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85076
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item