ANALISIS FAKTOR KEPATUHAN PEMENUHAN KEBUTUHAN GIZI PADA KLIEN DENGAN DIABETES MELLITUS BERBASIS TEORI HEALTH BELIEF MODEL

Ahmad Putro Pramono, 131411131024 (2019) ANALISIS FAKTOR KEPATUHAN PEMENUHAN KEBUTUHAN GIZI PADA KLIEN DENGAN DIABETES MELLITUS BERBASIS TEORI HEALTH BELIEF MODEL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (155kB)
[img] Text (daftar pustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf

Download (1MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Tingginya angka kejadian Diabetes mellitus (DM) di Indonesia membuat berbagai aspek penatalaksanaan DM sering dan berisiko mengalami permasalahan. Jumlah penderita DM di Indonesia adalah 6,9%, yakni setara dengan 12.191.564 jiwa. Pengelolaan diet merupakan hal yang paling utama dalam penatalaksanaan DM untuk memenuhi kebutuhan gizi. Tujuan penelitian adalah menjelaskan berbagai faktor yang berhubungan dengan kepatuhan pemenuhan kebutuhan gizi pada klien dengan Diabetes mellitus berbasis teori Health Belief Model. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik. Jumlah responden 105 orang di rawat inap RSUD Kabupaten Sidoarjo yang didapatkan dari purposive sampling. Variabel independen antara lain perceived susceptibility, perceived seriouness, perceived benefits, perceived barriers, cues to action, dan self efficacy. Variabel dependen yaitu kepatuhan pemenuhan kebutuhan gizi pada klien dengan Diabetes mellitus. Data diambil melalui peyebaran instrumen berupa kuesioner faktor Health Belief Model dan kepatuhan pemenuhan kebutuhan gizi, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik chi square dengan nilai α ≤ 0,05. Hasil: Hasil menunjukkan bahwa ada hubungan antara perceived seriousness (p=0,02), perceived barriers (0,025), self efficacy (p=0,021) dan tidak ada hubungan antara perceived susceptibility (p=0,296), perceived benefits (p=0,364), cues to action sub variabel person (p=0,369), cues to action sub variabel event (p=0,540) dengan kepatuhan pemenuhan kebutuhan gizi pada klien dengan Diabetes mellitus. Kesimpulan: Ada hubungan antara perveived seriousness, perceived barriers, self efficacy dan tidak ada hubungan antara perceived susceptibility, perceived benefits, cues to action dengan kepatuhan pemenuhan kebutuhan gizi pada klien dengan Diabetes mellitus. Penelitian selanjutnya diharapkan untuk mengembangkan faktor HBM untuk intervensi guna meningkatkan kepatuhan pemenuhan kebutuhan gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 92/19 Pra a
Uncontrolled Keywords: nutritional needs compliance, Health Belief Model, Diabetes mellitus
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Ahmad Putro Pramono, 131411131024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKusnanto, Dr. , S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2019 01:14
Last Modified: 18 Jul 2019 01:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85150
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item