PENGGUNAAN LAPORAN BIAYA KUALITAS DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS YANG BERKESINAMBUNGAN PADA PERUSAHAAN ROKOK SUMBER REJEKI DI PASURUAN

RIKA MEGAHAPSARI, 040317771 (2006) PENGGUNAAN LAPORAN BIAYA KUALITAS DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS YANG BERKESINAMBUNGAN PADA PERUSAHAAN ROKOK SUMBER REJEKI DI PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-megahapsar-2736-a147_06.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-megahapsar-2736-a147_06.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di era persaingan yang semakin ketat seperti sekarang ini, menuntut perusahaan untuk menghasilkan produk yang bernilai tambah. Salah satu ciri produk yang bernilai tambah adalah produk yang berkualitas. Oleh sebab itu, penting sekali bagi setiap perusahaan untuk selalu melakukan quality control. Salah satu alat yang dapat dipakai untuk melakukan control adalah dengan menggunakan laporan biaya kualitas. Penelitian ini dilakukan pada PR. Sumber Rejeki yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan. Pihak perusahaan menyadari pentingnya kualitas sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam menentukan pilihannya. Sejauh ini perusahaan belum menerapkan pelaporan biaya kualitas namun demikian sejak tahun 2000 sudah mulai memperhitungkan elemen-elemen biaya yang terkait dengan upaya perusahaan dalam meningkatkan kualitas produknya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data-data yang mendukung penelitian ini diambil dari data perusahaan dan data literatur. Berdasarkan laporan biaya kualitas selama tiga periode yang dibuat penulis pada PR. Sumber Rejeki, menunjukkan rata-rata persentase sebesar 4% dari penjualan aktual pertahun. Dengan adanya laporan tersebut, PR. Sumber Rejeki dapat mengetahui peningkatan dan pengendalian terhadap kualitas produknya walaupun belum mencapai standar kualitas ideal sebesar 2,5% dari penjualan aktual. Pelaporan biaya kualitas juga dapat digunakan untuk memantau dan mengevaluasi sejauh mana pengeluaran biaya yang dikeluarkan terkait dengan upaya peningkatan kualitas yang berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 147/06 Meg p
Uncontrolled Keywords: QUALITY OF PRODUCT, FINANCIAL STATEMENTS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RIKA MEGAHAPSARI, 040317771UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNOORLAILIE SOEWARNO, Dr., MBA, SE, AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 19 Oct 2006 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 06:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/852
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item