ANALISIS FAKTOR KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) BERBASIS TEORI TRANSCULTURAL NURSING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BURNEH

AVIATI FARADHIKA, 131411131039 (2019) ANALISIS FAKTOR KUNJUNGAN ANTENATAL CARE (ANC) BERBASIS TEORI TRANSCULTURAL NURSING DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BURNEH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (68kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (27kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] Text
full text.pdf

Download (2MB)
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Kunjungan antenatal care yang teratur dan memenuhi minimal standar (≥4 kali) selama masa kehamilan dapat membantu mendeteksi masalah kehamilan sejak dini serta mengurangi risiko saat persalinan sehingga dapat menurunkan AKI dan AKB. Tidak terpenuhinya kunjungan antenatal care dapat meningkatkan risiko persalinan ibu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kunjungan antenatal care ibu di wilayah kerja Puskesmas Burneh Kabupaten Bangkalan. Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Responden yang terlibat berjumlah total 89 orang, dan dipilih acak dengan teknik cluster random sampling. Variabel dependen terdiri dari faktor teknologi, faktor sosial dan keluarga, faktor nilai budaya dan gaya hidup, faktor ekonomi, dan faktor pendidikan. Data didapatkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji statistik chi-square dengan α≤ 0,05. Hasil: Hasil analisis menunjukkan faktor teknologi memiliki hubungan dengan kunjungan antenatal care (p=0,045), faktor sosial dan keluarga memiliki hubungan dengan kunjungan antenatal care (p=0,022), faktor nilai budaya dan gaya hidup memiliki hubungan dengan kunjungan antenatal care (p=0,001), faktor ekonomi memiliki hubungan dengan kunjungan antenatal care (p=0,044), faktor pendidikan memiliki hubungan dengan kunjungan antenatal care (p=0,014). Diskusi: Faktor nilai budaya dan gaya hidup adalah faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kunjungan antenatal care ibu. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut dengan menggunakan metode kualitatif untuk meneliti aspek budaya pada kunjungan antenatal care.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP N 120/19 Far a
Uncontrolled Keywords: antenatal care, transcultural Nursing, pregnant mothers
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG551-591 Pregnancy
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AVIATI FARADHIKA, 131411131039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEsti Yunitasari,, Dr. , S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Jul 2019 07:48
Last Modified: 18 Jul 2019 07:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85222
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item