SUBSTITUSI FERMENTASI TEPUNG MAGGOT (Hermetia illucens) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL, LDL (Low Density Lipoprotein) , DAN HDL (High Density Lipoprotein) DAGING IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum)

EKKA SURYANI, 141511133062 (2019) SUBSTITUSI FERMENTASI TEPUNG MAGGOT (Hermetia illucens) PADA PAKAN KOMERSIAL TERHADAP KANDUNGAN KOLESTEROL, LDL (Low Density Lipoprotein) , DAN HDL (High Density Lipoprotein) DAGING IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Ringkasan)
PK.BP. 112-19 Sur s Ringkasan.pdf

Download (207kB)
[img] Text (Daftar Isi)
PK.BP. 112-19 Sur s Daftar Isi.pdf

Download (209kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
PK.BP. 112-19 Sur s Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB)
[img] Text (Fulltext)
PK.BP. 112-19 Sur s.pdf
Restricted to Registered users only until 23 July 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum) merupakan salah satu ikan yang bernilai ekonomis tinggi, baik sebagai ikan konsumsi maupun ikan hias. Ikan bawal air tawar memiliki rasa daging yang enak dan gurih sehingga disukai oleh konsumen. Menurut Saidin (2000), ikan bawal mempunyai kandungan kolesterol sebesar 97 mg/100 g. Kolesterol merupakan lipida yang hanya terdapat dalam produk-produk asal hewan. Dua jenis lipoprotein yang paling bertanggung jawab dalam pengangkutan kolesterol dalam dalam darah terdiri atas kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein) dan kolesterol HDL (High Density Lipoprotein). Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan kolesterol, Low Density Lipoprotein (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol High Density Lipoprotein (HDL) daging ikan bawal air tawar yang diberi pakan substitusi fermentasi tepung maggot pada pakan komersial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap yang terdiri dari lima perlakuan dan empat kali ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah pakan komersial yang disubstitusikan fermentasi tepung maggot dengan dosis yang berbeda. Pada penelitian ini jumlah dosis tepung maggot yang disubstitusikan pada pakan komersial adalah: perlakuan P0 (0%), P1 (12%), P2 (14%), P3 (16%), dan P4 (18%). Parameter yang diamati pada penelitian ini adalah kandungan kolesterol, Low Density Lipoprotein (LDL), dan High Density Lipoprotein (HDL) daging ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum). Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANOVA) dan dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian didapatkan substitusi fermentasi tepung maggot pada pakan komersial berpengaruh terhadap kadar kolesterol total daging ikan bawal air tawar. Substitusi fermentasi tepung maggot sampai pada dosis 16% tidak meningkatkan kolesterol total daging ikan bawal air tawar, tetapi pada dosis 18% kandungan kolesterol total daging ikan bawal air tawar meningkat. Substitusi fermentasi tepung maggot pada dosis 18% dapat menurunkan Low Density Lipoprotein (LDL) dengan kadar terendah dari perlakuan lainnya. Substitusi fermentasi tepung maggot tidak berpengaruh nyata terhadap kandungan High Density Lipoprotein (H

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP. 112-19 Sur s
Uncontrolled Keywords: Fermentasi Tepung Maggot (Hermetia illucens), Pakan Komersial, Kandungan Kolesterol, Low Density Lipoprotein (LDL), dan High Density Lipoprotein (HDL), Daging Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum).
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
EKKA SURYANI, 141511133062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMirni Lamid, '0016016204UNSPECIFIED
Thesis advisorM. Anam Al Arif, '0026096209UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Jul 2019 10:00
Last Modified: 23 Jul 2019 10:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85347
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item