ANALISIS POSITIONING DJARUM SUPER MEZZO BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT PRODUK YANG DITAWARKAN DI SURABAYA

DONDY FABRIANANTA, 040013133 (2007) ANALISIS POSITIONING DJARUM SUPER MEZZO BERDASARKAN PERSEPSI KONSUMEN ATAS ATRIBUT PRODUK YANG DITAWARKAN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-fabrianant-7997-b184_07-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-fabrianant-7800-b184_07-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri rokok belakangan ini mengalami perkembangan pesat, dengan bermunculannya produk-produk bare yang memiliki keunikan dari produk terdahulu. Produk lama tidak ketinggalan dengan terus melakukan perbaikan secara terus menerus, baik dari sisi formulasi kandungan maupun sekedar perbaikan desain kemasan. Konsumen tidak akan terlalu sulit untuk mencari berbagai jenis rokok dengan spesialisasi yang beraneka ragam. Seiring dengan perkembangan berbagai jenis rokok tersebut, maka PT Djarum Kudus melakukan terobosan dengan mengeluarkan produk: "Djarum Super Mezzo". Kemunculan produk ini akan mengurangi kemapanan produk sejenis yang sudah ada, yaitu A mild, Classmild, LA light, X mild, Starmild, dan Nusantara Mild. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui posisi Djarum Super Mezzo dibandingkan dengan rokok ringan lain Amild, Classmild, LAlight, Xmild, Starmild, dan NusantaraMild bila ditinjau dari persepsi konsumen alas atnbut-at abut yang melekat pada produk tersebut. Sampel merupakan bagian dari populasi. Penelitian ini menggunakan metode survei yaitu dengan mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Untuk itu dipilih sampel dari suatu populasi seluruh pengguna rokok rmgan yang berdomisili di Surabaya, pemah atau sedang menggunakan rokok rmgan dengan beberapa merek yaitu: Djarum Super Mezzo, A Mild, Class Mild, LA Light, X Mild, Star Mild, dan Nusantara mild. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode non probability (secara tidak acak), dimana elemen-elemen populasi tidak mempunyai kesempatan yang sama untuk terpilih menjadi sampel, yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana tipe pemihhan sampel secara tidak acak yang mformasinya diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian yang kebetulan dijumpai pada saat penyebaran kuesioner. Dari hasil analisis terlihat bahwa posisi Posisi Djarum Super Mezzo terletak pada koordinat -1,1680. (dimensi 2) dan 1,829 (dimensi 1). Dibandingkan dengan pesaingnya Djarum Super Mezzo unggul pada dimensi 1, sedangkan pada dimensi dua menempati posisi ke tujuh sesudah Nusantara Mild, Classmild, Starmild, X mild, LA light dan A mild. Atibut dominan pada tiap-tiap dimensi masing-masing adalah harga pada dimensi satu (d1) dan keterkenalan merek pada dimensi dua (d2). Euclidian Distance terpendek adalah pesaing terdekat Djarum Super Mezzo dengan Starmild memiliki Nilai D = 2,007. Hal ini berarti Djarum Super Mezzo berhadapan langsung dengan Star Mild, karena kedua merek diposisilm hampir sama di benak konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 184/07 Fab a
Uncontrolled Keywords: POSITIONING; QUALITY OF PRODUCTS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
DONDY FABRIANANTA, 040013133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDrs. Yohannes Lilik R, SE., M.B.AUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 10 Nov 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8540
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item