PENGARUH PERSEPSI AKAN LINGKUNGAN DI DALAM TOKO (IN-STORE ENVIRONMENT) TERHADAP STORE PATRONAGE INTENTIONS MELALUI SIKAP PELANGGAN PADA MATAHARI TP DAN RAMAYANA SIOLA DEPARTMENT STORE

LYLI MUFIDAH, 040117154 (2007) PENGARUH PERSEPSI AKAN LINGKUNGAN DI DALAM TOKO (IN-STORE ENVIRONMENT) TERHADAP STORE PATRONAGE INTENTIONS MELALUI SIKAP PELANGGAN PADA MATAHARI TP DAN RAMAYANA SIOLA DEPARTMENT STORE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-mufidahlyl-8045-b187_07-k.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-mufidahlyl-7830-b187_07-w-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri ritel (penjualan produk secara eceran) mempunyai karakteristik yang dinamis, berkembang setiap saat dan mengalami perubahan. Pertumbuhan industri ritel diikuti oleh persaingan yang semakin ketat, karena semakin banyaknya pilihan bagi pelanggan. Ketika industri ttel mengalami perubahan dan persaingan yang tinggi, pasei ritel menjadi sulit unti.tk diraih. Hal ini membuat toko ritel perlu menemukan cars untuk menarik (attract) dan mempertahankan (retained) pelanggan. Peritel yang sukses di masa mendatang dan dipilih pelanggan, adalah peritel yang dapat mf ngadaptasi merk, dan menghantarkannya dengan memberikan pelanggan suatu pengalaman yang menyenangkan. Salah satu faktor yang harus diperhatikan pelanggan dalam memberikan pengalaman yang menyenangkan adalan lingkungan di dalam toko ritel, dimana yang teridentifikasi penting diantaranya: musik dan temperatur; tata letak; dekorasi; staff toko. Lingkungan di dalam toko merupakan rangsangan dan informasi yang diterima pelanggan ketika berbelanja di dalam toko. Lebih lanjut lingkungan di dalam toko merepresentasikan atau memberikan kesan dari penyedia jasa dan layanannya. Rangsangan yang diterima dari lingkungan di dalam toko akan dipersepsikan oleh pelanggan, dan mempengaruhi sikap, yang merupakan evaluasi keseluruhan pelanggan akan lingkungan di dalam toko. Sikap yang dibentuk pelanggan akan direspon dengan keinginan berbelanja kembali pada toko tersebut yang diindikasikan dari kesediaan tinggal lebih lama di dalam toka, berkunjung kembali dan membeli produk pada toko tersebut, serta merekomendasikan kepada teman. Penelitian ini menggunakan teknik analisis SEM karena kemampuannya untuk menampilkan sebuah model komprehensif bersamaan dengan kemampuannya untuk mengkonfirmasi dimensi-dimensi dari sebuah kontruk atau faktor, serta mengukur pengaruh hubungan secara teoritis. Berdasarkan uji hipotesis penelitian menunjukkan bahwa persepsi pelanggan akan atribut di dalam lingkungap yang terdiri dari musik dan temperatur serta tata letak mempengaruhi sikap pelanggan terhadap lingkungan di dalam department store, sedangkan dekorasi dan staff toko tidak mempengaruhi. Hasil keseluruhar, sesuai dengan hasl pada Ramayana depanrment store, namun berbeda jika di Matahari. Hal ini dapat dikarenakan karakteristik pelanggan pada masing-masing department store. Sedangkan secara keseluruhan yang dijabarkan dari kedua department store menunjukkan bahwa sikap secara signifikan berpenganth pada keinginan berbelanja kembali pada toko.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 187/07 Muf p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsEmail
LYLI MUFIDAH, 040117154UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri gunawan, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 12 Nov 2008 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 19:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8543
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item