PENGARUH OPINI AUDITOR DENGAN REPUTASI KAP BIG FOUR DAN NON BIG FOUR TERHADAP PRICE EARNING RATIO PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BEJ

KENANGA SANI YADIANDANI, 040510335 (2008) PENGARUH OPINI AUDITOR DENGAN REPUTASI KAP BIG FOUR DAN NON BIG FOUR TERHADAP PRICE EARNING RATIO PERUSAHAAN MANUFAKTUR GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BEJ. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-yadiandani-8708-a159_0-k.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-yadiandani-8720-a159_0-p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Laporan keuangan sangat penting bagi sebuah perusahaan, apalagi bagi perusahaan yang memutuskan untuk go public. Berdasarkan peraturan pasar modal, setiap perusahaan go public harus menyajikan laporan keuangan yang telah diperiksa oleh akuntan publik atau auditor kepada publik. Hal ini disebabkan publik, yaitu investor, memiliki saham perusahaan itu sehingga mereka patut mengetahui segala informasi yang berkenaan dengan perusahaan tempat mereka berinvestasi. Salah satu cars yang digunakan investor untuk menilai saham suatu perusahaan yaitu dengan menggunakan price earning ratio. Price earning ratio merupakan ratio yang menunjukkan tingkat kepercayaan investor terhadap kiner a perusahaan. Kineda perusahaan tercermin dalam laporan keuangan perusahaan yang telah diaudit oleh auditor independen yang mengeluarkan pendapat berupa opini terhadap kewajaran laporan keuangan tersebut. Jenis — jenis opini auditor adalah opini wajar tanpa pengecualian, wajar tanpa pengecualian dengan bahasa penjelas, wajar dengan pengecualian, tidak wajar, dan tidak memberikan pendapat. Dalam penelitian ini, penulis mengelompokkan auditor berdasar reputasinya yaitu Big Four dan Non Big Four. Auditor yang termasuk dalam Big Four adalah PricewaterhouseCoopers, Deloitte, Ernst & Young, dan KPMG. Sedang Non Big Four Auditor adalah akuntan yang tidak termasuk dalam Big Four. Selain itu, untuk membuktikan adanya pengaruh antara opini auditor dengan reputasi KAP Big Four dan Non Big Four terhadap price earning ratio maka dilakukan uji statistik yaitu uji normalitas, uji korelasi, dan uji n sample independent. Dengan teknik statistik nonparametrik maka penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara opini auditor dengan reputasi KAP Big Four dan Non Big Four terhadap price earning ratio.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 159/08 Yad p
Uncontrolled Keywords: PRICE � EARNING RATIO; AUDITES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9720-9975 Manufacturing industries
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KENANGA SANI YADIANDANI, 040510335UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDra. Hj. Hamidah, M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 02 Feb 2009 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 20:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8549
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item