PENGARUH EMPATI TERHADAP PERILAKU DEFENDING PADA BYSTANDER TIPE DEFENDER DI SITUASI BULLYING SEKOLAH DENGAN PERILAKU ASERTIF SEBAGAI VARIBEL INTERVENING

ISFAN FADJAR AULIA DJABU, 111411131037 (2019) PENGARUH EMPATI TERHADAP PERILAKU DEFENDING PADA BYSTANDER TIPE DEFENDER DI SITUASI BULLYING SEKOLAH DENGAN PERILAKU ASERTIF SEBAGAI VARIBEL INTERVENING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (27kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (31kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (112kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 August 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh empati terhadap perilaku defending pada bystander tipe defender di situasi bullying sekolah dengan perilaku asertif sebagai variabel moderator (intervening). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi SMP (sekolah menengah pertama) di Surabaya, yang pernah menjadi bystander dengan melakukan pembelaan terhadap korban bullying. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 140 orang, meliputi 73 siswa laki-laki dan 67 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah survei, dengan menggunakan kuisioner. Variabel empati dalam penelitian ini diukur menggunakan translasi dari IRI Scale (Interpersonal Reactivity Index ) yang berjumlah 28 aitem, milik Davis (1983). Kemudian untuk variabel perilaku asertif diukur menggunakan translasi dari RAS (Rathus Assertiveness Schedule) yang berjumlah 30 aitem, milik Rathus (1973). Sedangkan variabel perilaku defending diukur menggunakan alat ukur dari penelitian sebelumnya yang berjumlah 12 aitem, milik Claranita (2016). Analisis data yang dilakukan uji regresi MRA (Moderated Regression Analysis) dengan menggunakan aplikasi SPSS Statistics 22 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, menunjukan bahwa empati berpengaruh terhadap perilaku defending (p=0,00; p<0,05) dengan nilai persentase sebesar 14,6%. Sedangkan perilaku asertif tidak dapat memoderasi pengaruh empati terhadap perilaku defending (p=0,457; p>0,05). Justru empati dan perilaku asertif merupakan variabel prediktor (independen) yang secara simultan dapat mempengaruhi perilaku defending bystander tipe defender di situasi bullying sekolah (p=0,00; p<0,05) dengan nilai persentase sebesar 16,1%. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk meneliti peran lain bystander dan juga benar-benar mempelajari variabel yang akan diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 130/19 Dja p
Uncontrolled Keywords: Empati, Perilaku Asertif, Perilaku Defending, Bullying, Bystander, Defender.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ISFAN FADJAR AULIA DJABU, 111411131037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorProf. Dr. Suryanto, M.Si., Psikolog, '0022016503UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2019 04:59
Last Modified: 09 Aug 2019 04:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85704
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item