PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING, SELFEFFICACY, DAN KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA ANTARTIKA SIDOARJO

ILYAS SATYA ANUGRAH, 111511133022 (2019) PENGARUH SELF-REGULATED LEARNING, SELFEFFICACY, DAN KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN KIMIA DI SMA ANTARTIKA SIDOARJO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (35kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (55kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (47kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 August 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari self-regulated learning, self-efficacy, dan keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran kimia di SMA Antartika Sidoarjo. Dalam penelitian ini, selfregulated learning mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Zimmerman & Martinez (1990), self-efficacy mengacu pada Bandura (1986), dan keterlibatan orangtua mengacu pada Vukovic, dkk (2013). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatoris untuk menjelaskan alasan terjadinya suatu peristiwa hingga menguji sebuah teori (Neuman, 2014). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII IPA SMA Antartika Sidoarjo sebanyak 224 siswa dengan menggunakan alat ukur skala SRL (33 item) untuk mengukur self-regulated learning dengan reliabilitas sebesar 0,939, skala SE (10 item) untuk mengukur self-efficacy dengan reliabilitas sebesar 0,736, skala KO (10 item) untuk mengukur keterlibatan orangtua dengan reliabilitas sebesar 0,924, sedangkan prestasi belajar kimia diukur dengan menggunakan nilai rata-rata rapor semester 1 hingga semester 5. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis linear berganda dengan bantuan program statistik SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-regulated learning, self-efficacy, dan keterlibatan orangtua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar kimia dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p0,05) dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,382. Koefisien determinasi (R2) self-regulated learning, self-efficacy, dan keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar kimia sebesar 14,6%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 131/19 Anu p
Uncontrolled Keywords: Self-regulated Learning, Self-efficacy, Parental Involvement, Chemistry Learning Achievement
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC4001-4806.5 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ILYAS SATYA ANUGRAH, 111511133022UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Nono Hery Yoenanto, S.Psi., M.Pd., Psikolog, '0022066702UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2019 05:26
Last Modified: 09 Aug 2019 05:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85705
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item