GAMBARAN PENGELOLAAN STRES PADA LAKI-LAKI USIA REMAJA MADYA YANG MENGALAMI BODY SHAMING

PUTRI AISYA PAHLAWANI, 111511133020 (2019) GAMBARAN PENGELOLAAN STRES PADA LAKI-LAKI USIA REMAJA MADYA YANG MENGALAMI BODY SHAMING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (58kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (32kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (104kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 9 August 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Kasus bullying verbal merupakan salah satu bullying yang banyak dialami oleh remaja, salah satunya adalah body shaming, yaitu tindakan bully terhadap fisik seseorang. Remaja laki-laki usia madya yang mengalami body shaming dapat mengalami stress, bergantung pada bagaimana cara remaja menyikapi pengalaman tersebut dan mengatasi stres. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti gambaran pengelolaan stres pada remaja laki-laki yang mengalami body shaming. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Responden penelitian berjumlah 3 orang remaja laki-laki yang berusia 15-18 tahun dan mengalami body shaming. Pemilihan responden penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara. Analisis data hasil penelitian menggunakan analisis data tematik theory driven. Hasil penelitian ini adalah ketiga informan mengalami body shaming yang sama, yaitu skinny-shaming atau body shaming karena tubuh yang kurus. Pengelolaan stres yang digunakan adalah pengelolaan stres berfokus pada permasalahan dan pengelolaan stres berfokus pada emosi. Pengelolaan stres berfokus pada permasalahan yang dipilih oleh informan adalah mencari dukungan sosial pada lingkungan, merencanakan tindakan serta konfrontatif. Sedangkan untuk pengelolaan stres berfokus pada emosi yang digunakan adalah melakukan kontrol diri, menerima tanggungjawab , mencari makna positif, dan memberikan jarak. Ketiga informan tidak menggunakan pengelolaan stress berupa penghindaran. Terdapat faktor pendukung serta penghambat dalam menjalankan pengelolaan stres, seperti malas, kesadaran informan, kebiasan informan hingga faktor niat atau kemauan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 136/19 Pah g
Uncontrolled Keywords: Body shaming, Coping, Stress, Adolescence
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI AISYA PAHLAWANI, 111511133020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIka Yuniar Cahyanti, NIDN0001067701UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 09 Aug 2019 05:51
Last Modified: 09 Aug 2019 05:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85710
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item