ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENDAPATAN PADA CV "S" CABANG SURABAYA

RAHAYU PAMUJI, 040530897 (2008) ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI SIKLUS PENDAPATAN PADA CV "S" CABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-pamujiraha-8864-a149_08-k.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-pamujiraha-8751-a149_08-a-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

CV. "S" cabang Surabaya adalah sebuah perusahaan distributor dan toko buku yang khusus menjual buku-buku textbook berbahasa inggris (import), mempunyai kantor pusat di Jakarta. CV. "S"cabang Surabaya mempunyai wilayah operasional di Jawa timur dan Jawa tengah Berta Kalimantan. Untuk kegiatan operasionalnya CV. "S" cabang Surabaya telah menggunakan software khusus yang disebut program "S" Dalam sistem penjualannya CV. "S" melakukan penjualan secara tunai dan kredit, penjualan kredit sendiri terdiri dari dua jenis yaitu penjualan kredit secara retail dan penjualan kredit proyek. Hampir 90% dari total penjualan yang dilakukan oleh CV. "S" cabang Surabaya adalah penjualan secara kredit. Oleh karena An diperlukan tindakan antlsipasi secara cepat dan tepat untuk meningkatkan efisiensi dan menghadapi pesaing yang kuat. Untuk nieningkatkan penjualannya, CV."S" menggunakan tenaga penjualan yaitu marketing dalam program pemasarannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimana menganalisis sistem informasi akuntansi siklus pendapatan pads CV."S" cabang Surabaya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif berupa studi kasus dengan obyek penelitian CV."S" cabang Surabaya. Jenis data yang digunakan adalah kualitatif dan sumber datanya berasal dari sumber internal. Metode pengampulan data yang dilakukan adalah studi lapangan dengan menggunakan tiga Cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah membandingkan teori dan fakta yang ada di perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perangkapan fungsi yaitu pads bagian marketing yang bertugas untuk mencari order, melakukan pengiriman dan melakukan penagihan ke pelanggan, serta bagian administrasi penjualan yang bertugas untuk menerima sales order, membuat bukti pengeluaran barang dan menerima tagihan dari marketing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 149/08 Pam a
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION SYSTEMS
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
RAHAYU PAMUJI, 040530897UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorISNALITA, Dra.M.Si.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 02 Feb 2009 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 17:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8575
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item