GAMBARAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN YANG BERPRESTASI DI UNIVERSITAS AIRLANGGA

SELVI DEWI AFNI, 111511133098 (2019) GAMBARAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN YANG BERPRESTASI DI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (48kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (58kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan gambaran regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa Universitas Airlangga yang menghafal Al-Qur’an sekaligus memiliki prestasi. Regulasi dalam belajar pada penelitian ini berdasarkan pada teori Zimmerman (2002) mengenai proses self regulated learning yang terdiri dari tiga fase yaitu fase pemikiran, fase kinerja, dan fase refleksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus dan menggunakan analisis tematik. Subjek dalam penelitian ini adalah empat mahasiswa aktif Universitas Airlangga yang menghafal Al-Qur’an sekaligus memiliki prestasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa fase pemikiran memiliki pengaruh yang kuat terhadap proses mahasiswa menerapkan regulasi diri dalam belajar. Dalam hal ini, tujuan yang telah ditetapkan oleh mahasiswa pada fase pemikiran menjadi dasar dan arah bagaimana akan bersikap, termasuk dalam penerapan strategi hingga reaksi diri. Penelitian ini juga mendukung bahwa regulasi diri merupakan sebuah proses yang terus berkelanjutan dari fase pemikiran hingga refleksi, berlanjut kepada pemikiran kembali. Kemudian, penelitian ini juga menemukan bahwa seseorang dengan tujuan belajar yang murni ingin memahami materi atau menerapkan ilmu yang dipelajari lebih menerapkan regulasi diri dalam belajar, dan menganggap prestasi sebagai pemberian atau hadiah dari Allah atas kedekatannya dengan Al- Qur’an, kemudian lingkungan penghafal Al-Qur’an yang sudah memiliki program menghafal dapat mendukung penerapan regulasi diri dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 137/19 Afn g
Uncontrolled Keywords: Regulasi Diri dalam Belajar, Prestasi, Penghafal Al-Qur’an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
SELVI DEWI AFNI, 111511133098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Duta Nurdibyanandaru, MS. PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2019 07:53
Last Modified: 12 Aug 2019 07:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85756
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item