KEBERHASILAN PENYESUAIAN PERKAWINAN PADA PASUTRI YANG MENIKAH DI USIA MUDA

ADELIA SHAVIRA RAHMAWATI, 111411131086 (2019) KEBERHASILAN PENYESUAIAN PERKAWINAN PADA PASUTRI YANG MENIKAH DI USIA MUDA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (29kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (34kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (68kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 August 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan penyesuaian perkawinan pada pasangan suami istri yang menikah diusia muda. Penyesuaian perkawinan akan terus dilakukan selama kehidupan perkawinan. Tahun pertama dan tahun kedua merupakan situasi dimana penyesuaian perkawinan sangat dibutuhkan oleh pasangan suami istri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian studi kasus instrumental. Pemilihan partisipan menggunakan teknik purposive sampling. Penentuan subjek dalam penelitian kualitatif umumnya menggunakan pendekatan purposif, yaitu penentuan subjek yang memiliki karakteristik dan kriteria tertentu. Partisipan berjumlah empat pasangan yang terdiri dari satu laki-laki sebagai suami dan perempuan sebagai istri. Keempat partisipan merupakan pasangan suami istri yang menikah diusia muda. Proses pengambilan data menggunakan wawancara semi terstruktur dan dianalisa menggunakan analisa deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat subjek penelitian ini memiliki kriteria dalam keberhasilan penyesuaian perkawinan, kriteria tersebut meliputi keberhasilan suami istri, hubungan yang baik antara orang tua dan anak, penyesuaian yang baik pada anak, kemampuan untuk memperoleh kepuasan dari perbedaan pendapat, kebersamaan, penyesuaian keuangan yang baik, penyesuaian dengan keluarga pasangan yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 141/19 Rat h
Uncontrolled Keywords: penyesuaian perkawinan, menikah muda, kriteria keberhasilan penyesuaian perkawinan
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1001-1006 The state and marriage
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
ADELIA SHAVIRA RAHMAWATI, 111411131086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Achmad Chusairi S.Psi., M.A, '0031017503UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 12 Aug 2019 08:22
Last Modified: 12 Aug 2019 08:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85763
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item