PENGGUNAAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KERJA DAN PELAYANAN KEPADA NASABAH PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SURABAYA

NORMALASARI, 040318463 (2008) PENGGUNAAN METODE SIX SIGMA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KERJA DAN PELAYANAN KEPADA NASABAH PT. BANK SYARIAH MANDIRI CABANG SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-normalasar-9134-a243_08-k.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-normalasar-8799-a243_08-p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin majunya ilmu pengetahuan dan teknologi informasi mendorong perusahaan untuk berlomba-lomba memenuhi kebutuhan dan memberikan nilai tambah pada konsumennya. Berbagai layanan dan fitur-firtur di berikan oleh bank kepada nasabah agar nasabah senantiasa merasa peas dan semakin loyal. Sebagai salah satu bank syariah di Indonesia, Bank Syariah Mandiri terus berupaya memenuhi keinginan nasabah dan memberikan layanan terbaik dengan terus berpegangan pada prinsip syariah. Pendekatan DMAIC (define, measure, analyze, improvement, dun control) adalah salah satu pendekatan dari Six Sigma yang digunakan pada penelitian ini dengan harapan dapat meningkatkan kualitas kerja dan kepuasan nasabah. Tahap define dilakukan untuk menentukan obyek penelitian yaitu pembiayaan mudharabah. Hasil pengamatan diketahui bahwa pembiayaan tersebut merupakan sumber pendapatan terbesar. Pada tahap measure dilakukan pengukuran DPMO (defect per million opportunity) tiap sub proses dan dilanjutkan tahap analv:e untuk mengident] fikasi masalah potensial dan penyebabnya. FMEA (failure mode and effect analysis) digunakan untuk mencari dan menetapkan alternative tindakan perbaikan pada tahap improve. Dan akhirnya tahap control diajukan untuk perbaikan kinerja. Dari hasil pengukuran baseline kineda diperoleh nilai sigma 3,32 atas penunggakan pengembalian pembiayaan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bank harus meningkatkan metode review dan pengumpulan data nasabah agar pihak manajemen memiliki early warning mengenai karakter nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 243/08 Nor p
Uncontrolled Keywords: QUALITY OF PRODUCTS; COST CONTROL
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
NORMALASARI, 040318463UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHJ.SRI ISWATI, Dr.M.Si.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 03 Feb 2009 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 17:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item