HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN TERHADAP BASIC PSYCHOLOGICAL NEEDS (COMPETENCE, RELATEDNESS, DAN AUTONOMY) DENGAN FLOW DALAM BIDANG AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA

HERMIN NURBAITY ASRI, 111511133144 (2019) HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN TERHADAP BASIC PSYCHOLOGICAL NEEDS (COMPETENCE, RELATEDNESS, DAN AUTONOMY) DENGAN FLOW DALAM BIDANG AKADEMIK PADA MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (50kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (36kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (89kB)
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 13 August 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kepuasan terhadap kebutuhan psikologis dasar (basic psychological needs) dengan flow dalam bidang akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Basic psychological needs mencakup 3 kebutuhan, yaitu competence, relatedness, dan autonomy, sehingga terdapat tiga hubungan yang akan diselidiki dalam penelitian ini yaitu: (1) hubungan kepuasan terhadap kebutuhan psikologis dasar competence dengan flow dalam bidang akademik; (2) hubungan kepuasan terhadap kebutuhan psikologis dasar relatedness dengan flow dalam bidang akademik, dan; (3) hubungan kepuasan terhadap kebutuhan psikologis dasar autonomy dengan flow dalam bidang akademik. Penelitian dilakukan pada mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Airlangga angkatan 2015 sampai 2018, dengan jumlah subjek 292 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah kuesioner kepuasan terhadap basic psychological needs ditranslasi dari Basic Psychological Needs Satisfaction at Work Scale (Deci & Ryan, 2017), terdiri atas 20 aitem dan The Flow Inventory for Student (LIS) dari Yuwanto (2011) berdasarkan teori flow dari Csikszentmihalyi (1990), terdiri atas 10 aitem. Analisis data menggunakan teknik statistik korelasi Spearman’s rho dengan bantuan SPSS 22 for Windows. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi hubungan antara kepuasan terhadap kebutuhan psikologis dasar competence dengan flow dalam bidang akademik adalah 0,000 (p<0,05) dengan koefisien korelasi 0,480. Nilai signifikansi hubungan antara kepuasan terhadap kebutuhan psikologis dasar relatedness dengan flow dalam bidang akademik adalah 0,000 (p<0,05) dengan koefisien korelasi 0,310. Adapun nilai signifikansi hubungan antara kepuasan terhadap kebutuhan psikologis dasar autonomy dengan flow dalam bidang akademik adalah 0,000 (p<0,05) dengan koefisien korelasi 0,416. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kepuasan terhadap tiga kebutuhan psikologis dasar dengan flow dalam bidang akademik pada mahasiswa. Hubungan antar variabel bersifat positif, sehingga semakin tinggi kepuasan terhadap ketiga kebutuhan psikologis dasar mahasiswa akan diikuti oleh semakin tingginya flow dalam bidang akademik mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Psi 144/19 Asr h
Uncontrolled Keywords: college student, academic flow, basic psychological needs satisfaction
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological Tests and Testing
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HERMIN NURBAITY ASRI, 111511133144UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorIwan Wahyu Widayat, M. Psi., Psikolog, '0016047505UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:56
Last Modified: 13 Aug 2019 04:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85795
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item