IDENTIFIKASI WASTE DAN USULAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN PADA RAWAT JALAN RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN HEALTHCARE

NUR FADIYAH MUSTIKASARI, 041611223036 (2019) IDENTIFIKASI WASTE DAN USULAN PERBAIKAN KUALITAS LAYANAN PADA RAWAT JALAN RUMAH SAKIT GIGI DAN MULUT UNIVERSITAS AIRLANGGA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LEAN HEALTHCARE. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
B. 209-19 Mus i ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
B. 209-19 Mus i DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
B. 209-19 Mus i DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] Text (FULLTEXT)
B. 209-19 Mus i.pdf
Restricted to Registered users only until 16 August 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Layanan kesehatan yang berkualitas dan bermutu tinggi menjadi fenomena saat ini seiring dengan berkembangnya pembangunan dan pendirian instansi/lembaga di bidang kesehatan serta kebutuhan masyarakat akan kesehatan yang mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Pada RSGM UNAIR masih ditemukan beberapa kekurangan dalam proses layanan sehingga masih terdapat beberapa pemborosan yang perlu dihilangkan agar tercipta proses yang efisien, efektif dan produktif. Penelitian menggunakan metode Lean Healthcare dengan alat analisa Value Stream Mapping untuk mengetahui dan identifikasi Waste kemudian mencari dan mengetahui akar permasalahan terjadinya Waste melalui analisa Fishbone Diagram. Pengumpulan data dengan melakukan observasi pencatatan Lead Time layanan pasien selama 7 hari, penyebaran kuesioner pada 50 pasien serta melakukan wawancara dengan beberapa petugas medis, karyawan dan pasien. Hasil analisa menunjukkan bahwa aliran proses yang bernilai tambah (VA) sebesar 2,68% dibutuhkan tapi tidak bernilai tambah (NNVA) 26,41% dan yang tidak bernilai tambah (NVA)70,91%. Waste yang terjadi adalah Waiting 25,79%, Over Production 25,37% dan Motion 18,83%. Selain waste, hasil analisa juga menyebutkan bahwa sebagian besar pasien merasa puas dan nyaman dengan keramahan dan respon yang diterima dari karyawan dan petugas medis yaitu sebesar 30,01%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 209-19 Mus i
Uncontrolled Keywords: Lean Healthcare, Value Stream Mapping, Waste, Fishbone Diagram
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA645.3-645.37 Home health care services
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
NUR FADIYAH MUSTIKASARI, 041611223036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNURULLAILY KARTIKA, '0013128602UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 16 Aug 2019 09:06
Last Modified: 16 Aug 2019 09:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85884
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item