PENGARUH KUALITAS INFORMASI, REPUTASI, DAN PERCEIVED SECURITY AND PRIVACY TERHADAP KEPERCAYAAN PADA SITUS, PERCEIVED VALUE, DAN NIAT PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE MALL

ADOLFO PANJAITAN, 041311233294 (2019) PENGARUH KUALITAS INFORMASI, REPUTASI, DAN PERCEIVED SECURITY AND PRIVACY TERHADAP KEPERCAYAAN PADA SITUS, PERCEIVED VALUE, DAN NIAT PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE MALL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
B. 212-19 Pan p (TLP) ABSTRAK.pdf

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
B. 212-19 Pan p (TLP) DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
B. 212-19 Pan p (TLP) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peningkatan jumlah pengguna internet di Indonesia berbanding lurus dengan penetrasi e-commerce yang sedang berkembang di Indonesia. Sejak tahun 2016, nilai transaksi belanja online masyarakat Indonesia terus meningkat Kepercayaan pada situs e-commerce dianggap memainkan peran penting untuk menilai apakah konsumen akan percaya dan kemudian memiliki niat berbelanja online. Mengingat transaksi online tidak dilakukan secara tatap muka antara pembeli dan penjual. Maka dari itu, penting bagi e-commerce untuk mengevalusi faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepercayaan. Shopping mall adalah salah satu bentuk e-commerce yang sedang tumbuh dengan pesat di Indonesia dan dianggap lebih dipercaya dibandingkan yang lain. Shopping mall menawarkan kelebihan yang lebih unggul dibandingkan jenis ecommerce lain seperti kelengkapan informasi, produk yag terjamin dan asli, dan sistem pembayaran yang aman. Walaupun begitu, jumlah transaksi belanja online di shopping mall masih cenderung kecil jika dibandingkan jenis e-commerce. Penelitian ini mencoba menguji antecedent yang dapat membentuk kepercayaan pada situs e-commerce yang berdampak pada niat pembelian. Obyek penelitian ini adalah Shopee Mall yang merupakan shoping mall dari Shopee yang paling populer di Indonesia namun masih rendah akan tingkat pembelian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner online dan menggunakan metode structural equation modelling (SEM). Total jawaban responden yang dikumpulkan berjumlah 253 orang. Hasil jawaban responden tersebut selanjutnya dianalisis yang mengonfirmasi tujuan penelitian ini bahwa antecedents dari kepercayaan (kualitas informasi, reputasi, dan perceived security and privacy) berpengaruh positif pada kepercayaan konsumen pada Shopee Mall. Selain itu, kepercayaan pada situs tersebut juga mengonfirmasi bahwa berpengaruh terhadap perceived value namun tidak secara langsung terhadap niat pembelian pertama konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 212-19 Pan p (TLP)
Uncontrolled Keywords: shopping mall, kepercayaan, kualitas informasi, reputasi, perceived security and privacy, perceived value, niat pembelian, e-commerce, Shopee Mall.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4301-4480.9 Trust services. Trust companies
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
ADOLFO PANJAITAN, 041311233294UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSONY KUSUMASONDJAJA, NIDN0001057604UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 19 Aug 2019 01:15
Last Modified: 19 Aug 2019 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/85889
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item