PENERAPAN TARGET COSTING MELALUI VALUE ENGINEERING DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUK PADA UD YENI JAYA DI LOMBOK

AA GDE ADITYA ARI S, 040113665 (2008) PENERAPAN TARGET COSTING MELALUI VALUE ENGINEERING DALAM MENINGKATKAN EFISIENSI BIAYA PRODUK PADA UD YENI JAYA DI LOMBOK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-aagdeadity-9155-a217_08-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-aagdeadity-8809-a217_08-w-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada UD YENI JAYA yang berlokasi di jalan Pahlawan Pringgasela, Lombok Timur, NTB. UD YENI JAYA adalah sebuah perusahaan yang memproduksi tembakau. Kondisi persaingan pada produk tersebut semakin kompetitif saat ini dan arus informasi yang semakin cepat memaksa UD YENI JAYA untuk selalu mempelajari perubahan–perubahan yang terjadi di pasar agar dapat bertahan dan bahkan memimpin persaingan tersebut. Saat ini persaingan yang dihadapi oleh UD YENI JAYA adalah persaingan pada harga, UD YENI JAYA mempunyai harga yang lebih tinggi dipasaran yang mengakibatkan daya saing UD YENI JAYA menurun. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan dalam rangka menekan biaya produksi sehingga harga yang ditawarkan pun lebih rendah daripada sebelumnya dengan tetap menjaga kualitas dan fungsi produk serta dapat meningkatkan daya saing pada UD YENI JAYA. Dalam menerapkan target costing, hal pertama yang dilakukan adalah mengadakan survei pasar untuk mengetahui tingkat harga produk pesaing dipasaran yang memproduksi produk sejenis dengan kualitas dan functionality yang hampir sama yang dapat diterima oleh konsumen. Setelah itu berdasarkan target profit yang diinginkan, perusahaan dapat menentukan target cost. Jika yang ter adi adalah biaya produk sekarang melebihi target cost yang telah ditetapkan, maka perusahaan harus melakukan penghematan–penghematan agar dapat menurunkan biaya produk sekarang pada batas target cost yang telah ditetapkan. Sebelum dilakukan penelitian,UD YENI JAYA memiliki harga jual sebesar Rp. 1.850,00/50gram dan Setelah dilakukan penelitian dengan menggunakan target costing yang didukung value engineering UD YENI JAYA mampu mencapai target cost yang telah ditetapkan yaitu sebesar Rp. 1.460,13/50gram. Bahkan melampauinya yaitu sebesar Rp. 1.446,31/50gram. Setelah dilakukan penelitian, UD YENI JAYA mampu menjual sebesar Rp. 1.650,00/50gram dibawah competitif price, sehingga dengan hasil penelitian tersebut diharapkan mampu meningkatkan daya saing pada UD YENI JAYA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 217/08 Aag p
Uncontrolled Keywords: TARGET COSTING; TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
AA GDE ADITYA ARI S, 040113665UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDian Agustia, Dr., SE., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 03 Feb 2009 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 19:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item