PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG TUBAN BERDASARKAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 8/14/PBI/2006

DIMAS ARIO RUDHY PEAR, 040510348 (2008) PENERAPAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA CABANG TUBAN BERDASARKAN PERATURAN BANK INDONESIA NOMOR 8/14/PBI/2006. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2008-peardimasa-8328-a190_08-k.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-peardimasa-8819-a190_08-p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peran Bank sebagai lembaga intermediasi keuangan sangat krusial bagi perekonomian suatu Negara. Selain itu fungsi Bank di Indonesia adalah menunjang pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional ke arah peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bank Indonesia selaku otoritas Perbankan menyadari bahwa semakin kompleksnya risiko yang dihadapi oleh bank, menuntut diimplementasikannya praktek good corporate governance dengan kualitas yang semakin tingg: Pula. Hal ini mendasari Bank Indonesia mengeluarkan petunjuk pelaksanaan good corporate governance bagi perbankan, yaitu PBI No. 8/4/PBI2006 sebagaimana telah diubah dalam PBI No. 8/14/PBI/2006 pada Oktober 2006 tentang Pelaksanaan good corporate governance bagi Bank Umum. Sebagai lembaga intermediasi dan lembaga kepercayaan, dalam melaksanakan kegiatan usahanya bank harus menganut prinsip keterbukaan (transparency), memiliki ukuran kinerja dari semua jajaran bank berdasarkan ukuran - ukuran yang konsisten dengan corporate values, sasaran usaha dan strategi bank sebagai pencerminan akuntabilitaas bank (accountability), berpegang pada prudential banking practices dan menjamin dilaksanakannya ketentuan yang berlaku sebagal wujud tanggung jawab bank (responsibilty), objektif dan bebas dari tekanan pihak manapun dalam pengambilan keputusan (independency), Berta senantiasa memperhatikan kepentingan seluruh stakeholders berdasarkan azas kesetaraan dan kewajaran (fairness). PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Tuban adalah salah satu Bank yang berusaha memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar Was dar, di dukung oleh Sumber Daya Manusia yang profesional dengan melaksanakan praktek good corporate governance. Dalam hal ini Bank melakukan penerapan good corporate governance berdasarkan PBI No. 8/14/PBI/2006 tetapi sesuai kapasitasnya sebagai fungsi kantor cabang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 190/08 Pea p
Uncontrolled Keywords: AUDITING INTERNAL; CORPORATE GOVERNANCE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsEmail
DIMAS ARIO RUDHY PEAR, 040510348UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHJ.HAMIDAH, Dra.M.Si.AKUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 03 Feb 2009 12:00
Last Modified: 21 Jun 2017 20:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8599
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item