Latar Belakang Lahirnya Lirik-Lirik Lagu Grup Band Silampukau dalam Album Dosa, Kota, & Kenangan: Sebuah Kajian Sosiologi Pengarang

Arya Dharma P, 121211132015 (2019) Latar Belakang Lahirnya Lirik-Lirik Lagu Grup Band Silampukau dalam Album Dosa, Kota, & Kenangan: Sebuah Kajian Sosiologi Pengarang. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (38kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (36kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (36kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 27 August 2022.

Download (717kB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa struktur lirik lagu band Silampukau pada album “Dosa, Kota, & Kenangan”, serta mengungkapkan latar belakang sosial pengarang sebagai faktor yang mempengaruhi penulisan lirik lagu. Penelitian dilakukan secara kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus berdasarkan fakta yang bersifat dinamis. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan sosiologi pengarang yang dikemukakan Wellek dan Warren. Data diperoleh melalui pengamatan terhadap interaksi pengarang dan situasi sosialnya, serta teknik wawancara terbuka. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa struktur lirik-lirik lagu band Silampukau yang ditulis oleh Kharis Junandharu mengandung unsur estetika puisi, serta memuat berbagai isu atau fenomena sosial yang terjadi di kota Surabaya. Sementara pada konteks sosiologi pengarang, diketahui bahwa: (1) Dasar ekonomi produksi karya bersumber pada penghasilan pribadi dan keluarga pengarang; (2) Latar belakang sosial pengarang berasal dari masyarakat umum kota Surabaya yang menjunjung nilai-nilai edukasi dan religiusitas; (3) Status sosial pengarang berasal dari keluarga berpendidikan tinggi dan berkecukupan, serta mendapat apresiasi atas pencapaiannya di bidang musik dan sastra; (4) Ideologi sosial pengarang cenderung berpikiran kritis terhadap kesenjangan sosial yang terjadi di sekitarnya dan menunjukkan keberpihakan pada masyarakat umum; (5) Masyarakat pembaca yang dituju oleh pengarang tidak dibatasi pada kalangan tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS BI 78/19 Pam l
Uncontrolled Keywords: lyrics, social phenomena, Kharis Junandharu, author sociology.
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Arya Dharma P, 121211132015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIda Bagus Putera M, '0008096406UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2019 03:52
Last Modified: 27 Aug 2019 03:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86123
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item