ORIENTASI PASAR, KAPASITAS ORGANISASI UNTUK BERUBAH, DAN KINERJA PERGURUAN TINGGI: EFEK MODERASI RESISTENSI TERHADAP PERUBAHAN

ZUYYINNA CHOIRUNNISA, 041714153017 (2019) ORIENTASI PASAR, KAPASITAS ORGANISASI UNTUK BERUBAH, DAN KINERJA PERGURUAN TINGGI: EFEK MODERASI RESISTENSI TERHADAP PERUBAHAN. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TSM 16-19 Cho o ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
TSM 16-19 Cho o DAFTAR ISI.pdf

Download (34kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
TSM 16-19 Cho o DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TSM 16-19 Cho o.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perubahan adalah fenomena yang tak terhindarkan dan organisasi harus mengembangkan kapasitas perubahannya agar dapat bertahan dalam persaingan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti faktor penentu dan efek dari kapasitas organisasi untuk perubahan (OCC). Selain itu, efek moderasi dari resistensi terhadap perubahan juga diuji dalam pengaruh kapasitas organisasi untuk perubahan pada kinerja. Hipotesis yang diajukan diuji dengan menggunakan data yang berasal dari survei. Secara total, 36 kuesioner telah diisi ketua program studi sebagai responden dan digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode survey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orientasi pasar berpengaruh positif terhadap OCC. Begitu juga efek OCC terhadap kinerja. Untuk meningkatkan kapasitas untuk berubah, manajer di pendidikan tinggi dapat meningkatkan orientasi pasarnya sehingga perguruan tinggi dapat meningkatkan kinerjanya. Namun, meskipun resistensi terhadap perubahan ditemukan tidak secara signifikan memoderasi pengaruh OCC terhadap kinerja, manajer harus memperhatikan untuk mengurangi resistensi terhadap perubahan dalam pendidikan tinggi. Studi ini secara empiris menguji OCC dalam konteks pendidikan tinggi yang dibentuk oleh orientasi pasar. Selanjutnya, OCC memiliki peran mediasi dari pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pendidikan tinggi. Selain itu, OCC dalam penelitian ini diuji dengan 3 dimensi (pembelajaran, proses, dan konteks) yang sebelumnya hanya diusulkan sebagai konsep.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSM 16-19 Cho o
Uncontrolled Keywords: Market orientation, organization capacity for change, performance, and resistance to change
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Sains Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ZUYYINNA CHOIRUNNISA, 041714153017UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:19
Last Modified: 02 Sep 2019 03:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86254
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item