ANALISIS AKSESIBILITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN PERSEPSI IBU TENTANG PEMERIKSAAN IVA DI PUSKESMAS BENCULUK KABUPATEN BANYUWANGI

ARISCA, 011711223029 (2019) ANALISIS AKSESIBILITAS PELAYANAN KESEHATAN DAN PERSEPSI IBU TENTANG PEMERIKSAAN IVA DI PUSKESMAS BENCULUK KABUPATEN BANYUWANGI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (87kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (83kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 2 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kanker serviks merupakan salah satu penyakit kanker yang menyerang wanita dan menduduki urutan kedua setelah kanker payudara di Indonesia. Salah satu pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks metode IVA. Keinginan melakukan pemeriksaan IVA dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya pengetahuan, kesadaran, keterjangkauan jarak, keterjangkauan biaya, serta persepsi Ibu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor aksesibilitas pelayanan kesehatan dan persepsi ibu terhadap pemeriksan IVA di Puskesmas Benculuk Kabupaten Banyuwangi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional deskriptif dengan desain cross sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sejumlah 60 responden dengan instrument penelitian kuisioner. Variabel penelitian terdiri dari pengetahuan, kesadaran, keterjangkauan jarak, keterjangkauan biaya, dan persepsi Ibu. Hasil: Hasil penelitian didapatkan bahwa 93,3% belum pernah melakukan pemeriksaan IVA, 90% WUS memiliki pengetahuan baik, 70% memiliki keterjangkauan jarak menengah dengan tempat pelayanan kesehatan, 100% mampu dalam pembiayaan pemeriksaan IVA, sebagian besar WUS memiliki persepsi yang baik terkait kanker serviks dan pemeriksaan IVA. Kesimpulan: Faktor aksesibilitas pelayanan kesehatan dan persepsi Ibu terhadap pemeriksaan IVA termasuk dalam golongan baik, namun dari 60 responden hanya 4 responden yang sudah pernah melakukan pemeriksaan IVA. Beberapa alasan mengapa WUS belum melakukan pemeriksaan diantaranya karena rasa malu dan takut kepada petugas kesehatan, rasa takut apabila terdeteksi adanya penyakit kanker serviks, serta merasa belum membutuhkan pemeriksaan IVA karena belum merasakan adanya gejala yang mengarah pada penyakit kanker serviks.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK Bid 56/19 Ari a
Uncontrolled Keywords: Cervical cancer, VIA test, accessibility, perception
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsEmail
ARISCA, 011711223029UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Pudji Lestari, dr., M.Kes, '0029017003UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2019 10:13
Last Modified: 02 Sep 2019 10:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86267
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item