PENGARUH KONSELING TERHADAP TEKNIK MENYUSUI IBU NIFAS PRIMI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUTAT JAYA DAN PUSKESMAS PAKIS SURABAYA

SRI WULAN SARI EKAWATI, NIM011711223030 (2019) PENGARUH KONSELING TERHADAP TEKNIK MENYUSUI IBU NIFAS PRIMI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PUTAT JAYA DAN PUSKESMAS PAKIS SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (117kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (235kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (329kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 3 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Teknik menyusui merupakan keterampilan seorang ibu meliputi posisi, perlekatan dan hisapan dalam memberikan ASI kepada bayinya. Keterampilan ini berkaitan dengan efektifitas pemenuhan kebutuhan nutrisi pada bayi. Konseling teknik menyusui merupakan salah satu langkah menuju keberhasilan menyusui dalam upaya peningkatan pemberian ASI Ekslusif yang belum tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling terhadap teknik menyusui pada ibu nifas primi. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan disain quasy-experimental yang dilakukan pada 2 kelompok. Total sampel pada penelitian ini yaitu 20 responden dengan pembagian 10 responden kelompok perlakuan dan 10 responden kelompok kontrol. Penentuan sampel menggunakan teknik consecutive sampling. Variabel independen pada penelitian ini yaitu konseling dan variabel terikat yaitu teknik menyusui. Analisis data menggunakan uji statistik Paired-T Test dan Wilcoxon signed-rank test. Hasil: Teknik menyusui pada kelompok perlakuan seluruhnya mengalami peningkatan setelah diberikan konseling. Terjadi peningkatan sebagian kecil teknik menyusui pada kelompok kontrol. Uji pengaruh dilakukan dengan uji Paired-T Test pada kelompok intervensi dengan nilai p<0,01 dan uji Wilcoxon signed-rank test pada kelopok kontrol didapat nilai p=0.018. Kesimpulan: Terdapat pengaruh konseling terhadap teknik menyusui pada ibu nifas primi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK Bid 62/19 Eka p
Uncontrolled Keywords: Konseling, Teknik menyusui, Ibu nifas primi, ASI Eksklusif
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
SRI WULAN SARI EKAWATI, NIM011711223030NIM011711223030
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSunarsih, Dip. Mw, S.Pd, M.Kes, -UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2019 02:54
Last Modified: 03 Sep 2019 02:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86284
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item