PENERAPAN ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM MEMBERIKAN INFORMASI AKURAT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMPRODUKSI ATAU MEMBELI DARI LUAR (STUDI KASUS PADA PT. "X" DI MOJOKERTO)

KURNIAWAN, 040113784 (2008) PENERAPAN ANALISIS BIAYA RELEVAN DALAM MEMBERIKAN INFORMASI AKURAT TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMPRODUKSI ATAU MEMBELI DARI LUAR (STUDI KASUS PADA PT. "X" DI MOJOKERTO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2009-kurniawan-8875-a204_08-p.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-kurniawan-8875-a204_08-p-min.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu fungsi penting manajemen adalah pengambilan keputusan, dimana fungsi ini akan selalu ada pada fungsi-fungsi manajemen lainnya. Proses pengambilan keputusan adalah proses pemilihan satu alternatif di antara alternatif-alternatif yang tersedia. Oleh karena itu, manajemen membutuhkan informasi yang relevan, memadai, akurat dan tepat waktu dalam melakukan analisis yang akan menghasilkan altrenatif yang paling menguntungkan. Salah satu teknik analisis yang dapat digunakan, adalah analisis relevant cost untuk pengambilan keputusan tingkat taktis, seperti pengambilkan keputusan untuk membuat (memproses) sendiri produk atau membelinya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang mengacu pada rumusan masalah yang ada. Identifikasi dilakukan terhadap data kuantitatif dan kualitatif yang relevan terhadap alternatif keputusan. Data tersebut berupa biaya bahan baku, biaya tenaga ker a langsung, biaya overhead variabel dan juga biaya ekspedisi. Langkah manajemen untuk mengambil tindakan atau keputusan merupakan respon terhadap permasalahan atau kesempatan yang diperkirakan akan ter adi atau sedang ter adi. Begitu pula dengan manajemen PT."X" yang menghadapi suatu keputusan berupa keputusan untuk memproses sendiri sepatu atau membeli dari luar. Dalam mencari penyelesaian atas penmasalahan yang dihadapi perusahaan, penulis menggunakan analisis relevant cost sebagai alat bantu, yaitu dengan menghitung biaya¬biaya yang akan dikeluarkan bila memproses sendiri dan biaya untuk membeli dari luar kemudian dicari biaya yang differential di antara keduanya. Kemudian masing-masing unsur di bandingkan jumlah totalnya. Dengan demikian akan diketahui jumlah penghematan yang diperoleh perusahaan apabila salah satu alernatif dipilih. Dari hasil penelitian perusahaan belum menerapkan analisis relevant cost sebagai alat bantu manajemen untuk menganalisis. Maka setelah melakukan perhitungan dengan menerapkan relevant cost terhadap PT."X" terdapat nilai selisih bersih antara keputusan membeli atau memproduksi sendiri sepatu tersebut sebesar Rp.1.431 per unitnya yang menuju pada penghematan apabila PT."X" memproduksi sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 204/08 Kur p
Uncontrolled Keywords: Relevant cost, pengambilan keputusan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ9701-9940 Public accounting. Auditing
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
KURNIAWAN, 040113784UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorVeto Salyo, Drs.,M.Si.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 04 Feb 2009 12:00
Last Modified: 02 Jul 2017 22:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/8630
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item