Perempuan dan Kesalehan: Studi Kasus Politik Agama Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga dalam Gerakan Tarbiyah

DIAH ARIANI ARIMBI, NIDN. 0004057002 (2011) Perempuan dan Kesalehan: Studi Kasus Politik Agama Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga dalam Gerakan Tarbiyah. Laporan Penelitian Hibah Riset Universitas Airlangga. pp. 1-39.

[img] Text (FULLTEXT)
21. Perempuan dan Kesalehan Fulltext.pdf

Download (2MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
21. Peer Review & Validasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gerakan feminisme Islam di Indonesia yang mulai muncul ditahun 90an ini (Istiadah, 1995), ternyata bukan hanya satu-satunya gerakan kelslaman dalam periode Order Baru. Tahun 1980an menjadi awal munculnya gerakan revivalisasi (penghidupan kembali) Islam yang memang sebelumnya juga telah ada. Salah satunya adalah gerakan Dakwah yang berawal di kampus-kampus universitas sekuler, seperti di ITB (Institut Teknologi Bandung). Gerakan Dakwah seperti ini sendiri bukanlah gerakan yang homogen, didalamnya terdapat segmentasi seperti Hizbut Tahrir, Darul Arqam, and Tarbiyah (pendidikan) yang berpusat pada kampus-kampus universitas. Adalah gerakan Tarbiyah yang lebih dikenal publik Indonesia dan yang paling banyak mempunyai anggota terutama para mahasiswa dan mahasiswi yang aktif dalam kegiatan masjid kampus atau SKI (Sie Kerohanian Islam). Tarbiyah atau lebih dikenal sebagai “Kampus Islam,” beranggota terutama para mahasiswa dan lulusan yang memulai pendidikan mereka atau “indoktrinasi” di Masjid Salman, ITB (Van Bruinessen, Vol. 10, No. 2) di tahun 1980an, yang kemudian menginspirasi aktivitas-aktivitas yang sama di berbagai tempat, terutama di kampus-kampus “sekuler” (Van Bruinessen, 2003).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gender, Agama, Perempuan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL1-50 Religion (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion > BL458 Women in Comparative Religion
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
DIAH ARIANI ARIMBI, NIDN. 0004057002UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 10 Sep 2019 08:59
Last Modified: 21 Oct 2019 04:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86511
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item