PENGEMBANGAN BASIS DATA PROGRAM KESEHATAN LINGKUNGAN DI DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA

MARGARETHA DOMINGGA, 101714553014 (2019) PENGEMBANGAN BASIS DATA PROGRAM KESEHATAN LINGKUNGAN DI DINAS KESEHATAN KOTA SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
TEP. 07-19 Dom p ABSTRAK.pdf

Download (26kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
TEP. 07-19 Dom p DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
TEP. 07-19 Dom p DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] Text (FULLTEXT)
TEP. 07-19 Dom p.pdf
Restricted to Registered users only until 17 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang ada di sekitar manusia. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 menjabarkan bahwa kebijakan pembangunan kesehatan harus berwawasan lingkungan. Untuk mendukung analisis pelaksanaan surveilans di masyarakat, diperlukan data adekuat. Namun data bidang kesehatan sampai saat ini belum semuanya tepat waktu dan keakuratannya pun dipertanyakan. Sistem pencatatan dan pelaporan program Kesling telah menggunakan aplikasi STBM-Smart dan EMonev PKAM. Ada E-Monev HSP, tapi tidak digunakan karena kerusakan sistem. Rumah sehat, Yankesling dan TTU masih manual. Tujuan penelitian adalah mengembangkan model basis data program Kesling yang memberikan informasi program secara lengkap, akurat dan informatif di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan. Permasalahan yang ditemukan adalah pencatatan menggunakan banyak format, pengolahan data menggunakan microsoft excel, pengisian register tidak lengkap dan sering terjadi kesalahan penulisan. Uji coba basis data berdasarkan komponen kesederhanaan, keterwakilan variabel, kemudahan, kualitas data dan kemanfaatan. Kesimpulan bahwa analisis sistem pencatatan dan pelaporan belum optimal dimana masih terdapat permasalahan pada komponen input, proses dan output, analisis kebutuhan data diperoleh adanya penambahan variabel baru, desain basis data menggunakan MySQL PHP dan telah dilakukan uji coba. Basis data yang dikembangkan dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas informasi program Kesling, memungkinkan pengembangan sesuai kebutuhan seperti penambahan variabel baru, pengembangan bentuk serta bisa diintegrasikan dengan program kesehatan lain.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TEP. 07-19 Dom p
Uncontrolled Keywords: Kesehatan Lingkungan, Basis Data, MySQL PHP, Puskesmas.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
MARGARETHA DOMINGGA, 101714553014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Basuki N., '0025066504UNSPECIFIED
Thesis advisorChatarina U,W., Prof. Dr., dr., M.S., MPHUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Sep 2019 11:14
Last Modified: 17 Sep 2019 11:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/86912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item