RISK ASSESSMENT ASPEK K3 PADA UNIT PRODUKSI BAGIAN PENGERJAAN PLAT (PPL) PT INKA (PERSERO)

ATIYA THIFAL ROFIFA, 101511133197 (2019) RISK ASSESSMENT ASPEK K3 PADA UNIT PRODUKSI BAGIAN PENGERJAAN PLAT (PPL) PT INKA (PERSERO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (61kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FKM 187 19 Rof r.pdf
Restricted to Registered users only until 18 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu tempat kerja yang ada di PT. INKA (Persero) adalah unit produksi bagian pengerjaan plat. Adanya aktivitas antara manusia dengan mesin, alat berat, dan bahan yang digunakan pada bagian pengerjaan plat, dapat menimbulkan kemungkinan terjadinya bahaya yang bisa berdampak pada keselamatan dan kesehatan pekerja. Oleh sebab itu, perlu dilakukan identifikasi bahaya, penilaian risiko, upaya pengendalian risiko, dan penilaian risiko sisa yang masih ada pada bagian pengerjaan plat (PPL) PT. INKA (Persero). Risk assessment (penilaian risiko) dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya pencegahan terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang pengambilan datanya dilakukan melalui wawancara dan observasi. Informan untuk penelitian ini adalah manajer pengelolaan K3LH, manajer steel work, dan operator mesin yang ada pada bagian pengerjaan plat (PPL). Menurut sifat dan analisa data, penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Berdasarkan pendekatan waktu, penelitian ini termasuk pada penelitian cross-sectional. Instrumen atau alat yang digunakan pada penelitian ini menggunakan panduan wawancara dan Job Safety Analysis (JSA). Dari penelitian ini ditemukan 135 bahaya yang ada pada bagian pengerjaan plat untuk sebelas mesin yang berbeda. Dengan adanya sejumlah bahaya tersebut, dapat ditemukan ada 23 bahaya yang memiliki tingkat risiko extreme risk, 81 bahaya dengan tingkat risiko high risk, 25 bahaya dengan tingkat risiko medium risk, dan 9 bahaya dengan tingkat risiko low risk. Upaya pengendalian telah diterapkan oleh PT. INKA (Persero) sesuai dengan hierarki pengendalian, seperti penggunaan APD dan penyediaan SOP kerja. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah masih ada 14 risiko sisa dengan tingkat medium risk, dan 9 risiko dengan tingkat high risk yang masih perlu pengendalian tambahan. Diperlukan peningkatan komitmen perusahaan dengan K3, meningkatkan kualitas dan kuantitas APD, pembuatan ulang SOP untuk mesin yang tidak memiliki prosedur kerja, dan meningkatkan pengawasan pengguaan APD bagi para pekerja untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 187/19 Rof r
Uncontrolled Keywords: identifikasi bahaya, penilaian risiko, pengendalian risiko, risiko sisa
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ATIYA THIFAL ROFIFA, 101511133197UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorProf. Dr. Tri Martiana, dr., M.S., '0003035607UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 18 Sep 2019 10:54
Last Modified: 18 Sep 2019 10:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87026
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item