RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK DENGAN METODE AHP DAN TOPSIS (STUDI KASUS : BEBEK GORENG H. SLAMET SURABAYA)

IVAN GHAZYAN PERMANA, 081311633050 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER TERBAIK DENGAN METODE AHP DAN TOPSIS (STUDI KASUS : BEBEK GORENG H. SLAMET SURABAYA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (50kB)
[img] Text (FULL TEXT)
ST.SI. 21-19 Per r.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan supplier merupakan sesuatu hal yang dibutuhkan tiap perusahaan untuk mengetahui kinerja dari tiap supplier. Setiap perusahaaan mempunyai tiap kriteria masing-masing sebagai bahan pemilihan supplier. Pemilihan supplier pada Bebek Goreng H. Slamet (asli) digunakan untuk mengetahui kinerja supplier tersebut apakah masih layak dipakai atau tidak. Saat ini Bebek Goreng H. Slamet (asli) dalam mengelola usaha khususnya pada proses pemilihan supplier bebek belum terdapat suatu ketentuan yang baku dalam pemilihan dan tanpa adanya suatu catatan terkait kinerja supplier tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengajukan solusi untuk membangun sistem pendukung keputusan pemilihan supplier terbaik menggunakan metode AHP dan TOPSIS. Penelitian ini dilaksanakan melalui 6 tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data dan informasi melalui wawancara. Tahap kedua adalah pengolahan data dan informasi untuk mendapatkan rancangan sistem yang akan dibangun. Tahap ketiga adalah analisis sistem yang meliputi input data kriteria, pembobotan kriteria dengan metode AHP, serta perangkingan alternatif dengan metode TOPSIS. Tahap keempat adalah perancangan sistem menggunakan Business Process Model and Notation. Tahap kelima adalah impleentasi sistem berbasis web.Tahap keenam adalah evaluasi sistem dengan melihat kepuasan user terhadap sistem yang dibangun. Hasil evaluasi sistem menunjukkan bahwa 75% responden setuju terkait tampilan sistem yang menarik dan kemudahan sistem untuk digunakan. Pemilik rumah makan sebagai pengambil keputusan juga sangat terbantu dengan output yang dihasilkan oleh sistem. Kata Kunci – Pemilihan Supplier, Sistem Pendukung Keputusan, AHP, TOPSIS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI. 21/19 Per r
Uncontrolled Keywords: Pemilihan Supplier, Sistem Pendukung Keputusan, AHP, TOPSIS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA168 Systems engineering
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
IVAN GHAZYAN PERMANA, 081311633050UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorPurbandini, 0012077103UNSPECIFIED
ContributorBarry Nuqoba, 0002118402UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 19 Sep 2019 01:23
Last Modified: 19 Sep 2019 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87039
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item