ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA (Studi di SMP Negeri 12 Surabaya)

ICHA PAMELIA, 101511133189 (2019) ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA (Studi di SMP Negeri 12 Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FKM 173 19 Pam a.pdf

Download (28kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI FKM 173 19 Pam a.pdf

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA FKM 173 19 Pam a.pdf

Download (84kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FKM 173 19 Pam a.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2023.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan dunia teknologi saat ini berkembang begitu pesat, salah satu contohnya adalah adanya game online. Saat ini game online banyak dimainkan oleh remaja hingga menyebabkan kecanduan serta dampak negatif, baik fisik, psikis maupun sosial. Remaja yang masih berada pada usia sekolah berpotensi bermain game online lebih lama karena memiliki banyak waktu luang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh sikap remaja terhadap perilaku bermain game online, norma subjektif tentang game online, dan persepsi kemudahan bermain game online dengan niat bermain game online pada remaja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional study. Jumlah responden pada penelitian ini yaitu sebanyak 76 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data yang didapat dianalisis menggunakan uji regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap responden terhadap perilaku bermain game online berpengaruh terhadap niat bermain game online pada remaja dengan nilai signifikansi 0,038. Norma subjektif tentang game online tidak berpengaruh terhadap niat bermain game online pada remaja. Persepsi kemudahan bermain game online berpengaruh terhadap niat bermain game online dengan nilai signifikansi 0,004. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sikap terhadap perilaku bermain game online dan persepsi kemudahan bermain game online merupakan faktor yang mempengaruhi niat bermain game online pada remaja. Remaja diharapkan dapat mengontrol diri agar tidak berlebihan dalam bermain game online. Selain itu, pengawasan dari orang tua sangat diperlukan agar remaja dapat membatasi bermain game online selama di rumah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 173/19 Pam a
Uncontrolled Keywords: niat, game online, remaja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ICHA PAMELIA, 101511133189UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHario Megatsari, 198209122008011006UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 19 Sep 2019 08:38
Last Modified: 19 Sep 2019 08:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87083
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item