PENERIMAAN PEMILIH PEMULA GENERASI MILENIAL TERHADAP SIMBOL-SIMBOL AGAMA DALAM IKLAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN GUBERNUR JAWA TIMUR 2018 DI INSTAGRAM

MONICA QUINN, 071511533093 (2019) PENERIMAAN PEMILIH PEMULA GENERASI MILENIAL TERHADAP SIMBOL-SIMBOL AGAMA DALAM IKLAN KAMPANYE POLITIK PEMILIHAN GUBERNUR JAWA TIMUR 2018 DI INSTAGRAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 42 19 Qui p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (JURNAL)
JURNAL MONICA QUINN 071511533093 .pdf.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerimaan pemilih pemula Generasi Millennial terhadap simbol-simbol agama yang dimunculkan dalam iklan kampanye politik Pemilihan Gubernur Jawa Timur di Instagram. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode reception analysis dengan teknik pengambilan data berupa wawancara mendalam dan studi dokumen. Penelitian ini menjadi penting untuk dilakukan karena belum ada penelitian tentang penerimaan simbol-simbol agama dalam iklan kapanye politik khususnya di Pilgub Jatim sedangkan Generasi Milenial akan menjadi mayoritas suara di masa depan. Penelitian ini juga penting dilakukan guna pengembangan pengetahuan ilmu komunikasi politik dalam menyikapi penerimaan pemilih millennial. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerimaan pemilih pemula Generasi Millennial terhadap simbolsimbol agama dalam iklan kampanye politik di Media Sosial?. Tinjauan pustaka yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Teori Encoding-Decoding, active audience, media sosial dan iklan politik, simbol agama dalam media, Millennial dan penerimaan politik. Untuk menggali, mengidentifikasi dan memahami interpretasi tersebut peneliti menggunakan metode penelitian reception analysis. Berdasarkan analisis informan memiliki penerimaan yang beragam. Ada informan yang setuju dengan penggunaan simbol agama berada pada posisi dominant hegemonic. Ada juga informan yang tidak setuju berada pada posisi oppositional. Tetapi mayoritas informan sisanya setuju namun melakukan penyesuaian terhadap pemaknaannya maka berada pada posisi negotiated. Mereka menangkap simbol agama yang ditampilkan dari pakaian, gambar, kegiatan, dan latar belakang keagamaan. Generasi Milenial sadar akan literasi media sehingga meskipun sumber informasi yang utama bagi mereka adalah internet tetapi tetap berasal dari media resmi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 42/19 Qui p
Uncontrolled Keywords: Generasi Millenial, Pemilih Pemula, Iklan Kampanye Politik, Pilgub Jatim 2018, Analisis Resepsi
Subjects: H Social Sciences > HS Societies secret benevolent etc > HS1-3371 Societies: secret, benevolent, etc. > HS1501-2460.7 Other societies. By classes > HS2301-2460.7 Political and "patriotic" societies
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
MONICA QUINN, 071511533093UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.I.Kom.,MA, NIDN0001088802UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:40
Last Modified: 20 Sep 2019 03:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87111
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item