ANALISIS PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA ONLINE (E-PROCUREMENT) (Studi Kasus di PT PLN (Persero) P2B APB Jawa Timur)

AGUSTIN KUSMAWATI, 041514353052 (2019) ANALISIS PENERAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT (ERM) PADA PROSES PENGADAAN BARANG DAN JASA ONLINE (E-PROCUREMENT) (Studi Kasus di PT PLN (Persero) P2B APB Jawa Timur). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (268kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (241kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (240kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: Http:///lib.unair.ac.id

Abstract

investasi yang cukup besar dalam pemenuhan kebutuhan tenaga listrik, maka dalam proses pengadaan barang dan jasa untuk mendukung kemudahan dan kebutuhan telah diimplementasikan sebuah sistem yang disebut e-Procurement. Pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dimungkinkan akan menimbulkan risiko yang dapat menghambat proses bisnis perusahaan, maka dari itu PT PLN (Persero) juga menerapkan Enterprise Risk Management (ERM). Aktifitas yang dilakukan pada penelitian ini diterapkan pada setiap tahapan proses pengadaan, yaitu proses pengajuan permintaan pengadaan barang dan jasa, sampai dengan penerimaan barang digudang berikut dengan proses pembayarannya. Dalam kerangka kerja Risk and Insurance Management Society (RIMS) for Enterprise Risk Management (ERM) ini, manajemen risiko merupakan proses yang berkelanjutan dimana melibatkan setiap bagian organisasi yang meliputi aspek fungsional maupun teknologi untuk dapat lebih teridentifikasi peluang strategis dan mengurangi risiko dalam perusahaan dimasa depan. Pengukuran Tingkat Kematangan dalam penelitian ini dilakukan untuk mengukur realisasi dan harapan dari implementasi manajemen risiko di PLN APB Jawa Timur, serta merancang grafik evaluasi implementasi manajemen risiko dengan mengintegrasikan Key Risk Indicators (KRI) dari nilai yang diharapkan. Berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan, ditemukan bahwa implementasi sebenarnya dari manajemen risiko di PLN APB Jawa Timur terletak pada level ketiga (repeatable), sedangkan implementasi diharapkan ditemukan berada pada level tertinggi (kepemimpinan), dan persentase pencapaian tingkat kematangannya adalah sebesar 64%. Dari 35 Indikator Risiko yang ada ini diharapkan dapat mencapai nilai yang diharapkan pada tingkat level kepemimpinan

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK MM 41/19 Kus a
Uncontrolled Keywords: Enterprise Risk Management, Risk and Insurance Management Society for Enterprise Risk Management, Enterprise Risk Management Implementation, Maturity Level.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
AGUSTIN KUSMAWATI, 041514353052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati Usman, '0019086106UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:57
Last Modified: 20 Sep 2019 02:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87112
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item