ANALISIS STRATEGI VIRAL MARKETING AYAM GORENG NELONGSO MELALUI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TARGET MARKET DI GRESIK

Aulia Nadia Harsanti, 071511533098 (2019) ANALISIS STRATEGI VIRAL MARKETING AYAM GORENG NELONGSO MELALUI INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS TARGET MARKET DI GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (181kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 58 19 Har a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (426kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mengenai strategi viral marketing Ayam Goreng Nelongso (AGN) melalui Instagram dalam membangun brand awareness target market di Gresik. AGN merupakan usaha rumah makan waralaba yang memiliki target market di kalangan mahasiswa. Akan tetapi AGN cabang Gresik memiliki target market keluarga dan pekerja. Hal ini membutuhkan strategi promosi yang berbeda disesuaikan dengan karakteristik target market utamanya melalui Instagram. Pada dasarnya Instagram lebih banyak diakses oleh anak muda atau mahasiswa, sedangkan platform ini juga digunakan untuk menjangkau target market keluarga dan pekerja. Maka penelitian ini berfokus pada viral marketing yang diterapkan melalui Instagram oleh AGN untuk menjangkau target market di Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara mendalam dengan informan internal AGN yakni Muhammad Fakhrudin Rokhim selaku manajer AGN cabang Gresik, Dita Puspitasari selaku marketing wilayah AGN Jatim 2, dan Maryam Fharhana selaku manajer atau koordinator marketing pusat AGN dan observasi melalui akun official Instagram AGN @ayamnelongso.gresik. Sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi, studi pustaka dan data internet. Hasil penelitian ini adalah AGN Gresik menerapkan viral marketing yang dibangun melalui pesan-pesan yang bertema keluarga dan pekerja dengan menggunakan bahasa gaul dan lokal kota Gresik. AGN menerapkan strategi viral marketing dengan tiga tahapan yakni proses pembuatan pesan, selain mengangkat tema-tema dalam keluarga dan pekerja, AGN juga menggunakan fitur hashtag untuk mendekatkan pesan promosi kepada target market di Kota Gresik. Lalu media yang dipilih untuk penyebaran pesan promosi adalah media sosial Instagram melalui fitur-fitur post dan Instastory dengan pembawa pesan untuk membantu proses viral yakni melalui komunitas kopi @kopcan.id, komunitas standup comedy @standupindo_grs, dan komunitas UMKM. Fitur-fitur pada Instagram juga digunakan untuk melihat feedback yang diberikan konsumen utamanya kolom komentar dan juga melihat efek dari viral marketing. Selain itu, AGN juga menggunakan elemen pendukung viral marketing yakni promo dan nilai produk

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 58/19 Har a
Uncontrolled Keywords: strategi viral marketing, brand awareness, Instagram, target market.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Aulia Nadia Harsanti, 071511533098UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Ratna sari, S.IP,M.Comm., '0013068301UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:32
Last Modified: 20 Sep 2019 04:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87147
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item