Makna Belis Sebagai Mas Kawin (Studi Kasus Pada Pasangan Suami Istri yang Menikah Dengan Menggunakan Belis dan Tanpa Belis Pada Masyarakat Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur)

THERESIA CHRISTINA NUWA, 071511533008 (2019) Makna Belis Sebagai Mas Kawin (Studi Kasus Pada Pasangan Suami Istri yang Menikah Dengan Menggunakan Belis dan Tanpa Belis Pada Masyarakat Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 64 19 Nuw m.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL - THERESIA CHRISTINA NUWA - 071511533008.pdf

Download (444kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Peneltian ini bertujuan mencari makna belis sebagai mas kawin yang diberlakukan oleh masyarakat Flores, khususnya Kabupaten Nagekeo. Pemaknaan ini dilihat baik pada pasangan yang menikah dengan menggunakan belis ataupun tanpa belis. Belis sendiri ialah mas kawin sebagai sebuah bagian dari tradisi upacara pernikahan adat masyarakat Nagekeo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Peneliti melihat terjadi pergeseran makna belis dari sebuah tradisi budaya menjadi suatu hal yang dianggap beban dan memberatkan bagi laki-laki sebagai pihak yang memberikan belis. Pergeseran makna ini ditemukan lewat artikel-artikel berita atau media massa berbasis online. Selain itu, belis juga diidentikan dengan „membeli perempuan‟ daripada sebuah bentuk penghargaan kepada wanita. Teori yang digunakan dalam proses interpretasi ialah teori interaksi simbolik dan teori simbol oleh Susanne Langer. Teori-teori ini digunakan karena, kecenderungan manusia berperilaku atas pemaknaannya terhadap suatu simbol tertentu. Hal tidak terlepas dari pemaknaannya secara pribadi melalui pengalaman manusia. Selain itu, melihat pada bagaimana pengalaman diskusi pada pernikahan yang telah dilakukan oleh para informan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatif, tipe penelitian deskriptif dan metode studi kasus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB K-2 FIS K 64/19 Nuw m
Uncontrolled Keywords: makna, simbol, belis, studi kasus
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
THERESIA CHRISTINA NUWA, 071511533008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Yayan Sakti Suryandaru,S.Sos.,M.Si., NIDN: '0002107002UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Sep 2019 06:22
Last Modified: 20 Sep 2019 06:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87158
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item