STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN MEDURAN ROOMO GRESIK

Zubaidatul Fitriyah, 071511533047 (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMBELAJARAN GURU DAN SISWA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN MEDURAN ROOMO GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 75 19 Fit s.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Zubaidatul Fitriyah-071511533047-JURNAL.pdf

Download (559kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pembelajaran dalam menanamkan pendidikan karakter yang berfokus pada pendidikan formal. Hal tersebut melibatkan guru, siswa-siswi, kepala sekolah dan orang tua siswa. Saat ini pendidikan karakter masih dianggap penting, karena termasuk salah satu aspek yang berperan dalam menciptakan karakter generasi penerus bangsa kedepannya. Selain itu, untuk melihat penerapan program penguatan pendidikan karakter di sekolah dalam melahirkan generasi emas Indonesia 2045 yang cerdas, kreatif dan berkarakter baik. Sebagai salah satu sekolah yang menerapkan jurnal pagi dan pembelajaran sentra dalam pendidikan karakter, membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di TK Dharma Wanita Persatuan Meduran Roomo Gresik. Penguatan pendidikan karakter ini, dilaksanakan sejak Pendidikan Anak Usia Dini, yaitu TK. Karena TK merupakan pendidikan formal pertama yang menerapkan PPK, serta sebagai jembatan persiapan siswa-siswi menuju SD. Pembaruan K13 juga berdampak pada pendidikan karakter, karena lebih menekankan pada aspek kognitif, afektif dan konatif. Seperti yang ditekankan pada TK ini yaitu sikap disiplin, tanggung jawab dan sopan santun. Maka perlu adanya strategi komunikasi pembelajaran yang tepat dalam melaksanakan pendidikan karakter. Pada TK ini, guru menerapkan dengan cara moderator, pembimbing dan manajer yang disesuaikan dengan kondisi pembelajaran. Hal ini dianalisis melalui teori belajar sosial dan penetrasi sosial. Jadi strategi komunikasi pembelajaran dalam pendidikan karakter yang diterapkan di TK ini, dilakukan secara berulang dalam jurnal pagi maupun pembelajaran sentra. Hal tersebut dilakukan melalui pemberian contoh secara langsung dan teguran terhadap siswa-siswi yang berperilaku tidak baik. Penelitian ini, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 75/19 Fit s
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Guru, Siswa, TK
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Zubaidatul Fitriyah, 071511533047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Septiani,ph.D., NIDN: '0005098203UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:40
Last Modified: 20 Sep 2019 07:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87180
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item