STRATEGI HUMAS POLRESTABES SURABAYA (SATPAS COLOMBO) ATAS USAHA-USAHA MENINGKATKAN CITRA POLISI

RETNO WULANDARI, 071511533085 (2019) STRATEGI HUMAS POLRESTABES SURABAYA (SATPAS COLOMBO) ATAS USAHA-USAHA MENINGKATKAN CITRA POLISI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (32kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 76 19 Wul s.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_RETNO WULANDARI_RETNO WULANDAR_071511533085.PDF.pdf

Download (370kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada strategi yang dilakukan Humas Polrestabes Surabaya khususnya pada pelayanan SIM / Satpas (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) Colombo atas usaha-usaha meningkatkan citra polisi, yang meliputi fact finding, planning and programming, communication, evaluation dan juga untuk mengetahui respon masyarakat Surabaya yang pernah menggunakan jasa pelayanan SIM / Satpas Colombo terhadap strategi dan usaha yang dilakukan polisi untuk meningkatkan citranya terkait isu pungutan liar (pungli). Peran Humas Polrestabes Satpas Colombo Surabaya mendapat tantangan untuk meningkatkan citra yang masih buruk atas banyaknya isu pungli di masyarakat. Penelitian ini menggunakan tinjauan pustaka antara lain, citra organisasi, public relations serta strategi public relations pada organisasi dan teori relevan lainnya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan indepth interview kepada Humas Polrestabes Satpas Colombo Surabaya dan kepada masyarakat yang pernah menggunakan jasa pelayanan SIM Satpas Colombo dalam merespon strategi yang dilakukan polisi serta melakukan observasi dan dokumentasi. Hasil analisis yang didapatkan peneliti bahwa usaha-usaha yang dilakukan kepolisian Satpas Colombo Surabaya yaitu dengan mengembangkan beberapa inovasi berbasis digital seperti E-SIM Online, SIMONTIR (Sistem Monitoring Uji Praktik SIM Berbasis Digital), special events, Mall Pelayanan Publik, Suroboyoo Sobo Kelurahan untuk meningkatkan citranya. Dan peneliti mendapatkan data bahwa terdapat perbedaan respon masyarakat terhadap strategi dan usaha yang dilakukan polisi Satpas Colombo untuk meningkatkan citranya karena adanya perbedaan pengalaman pada setiap informan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KKK-2 FIS K 76/19 Wul s
Uncontrolled Keywords: Strategi, Humas, Public Relations, Citra, Organisasi Pemerintah.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
RETNO WULANDARI, 071511533085UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Puspa, S.Sos.,MA.Ph.D., NIDN: '0019097103UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Sep 2019 07:47
Last Modified: 20 Sep 2019 07:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87183
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item