Platform Donasi Online dan Filantropi Digital (Kajian Aktivitas Filantropi dan Komodifikasi Kampanye Sosial melalui Kitabisa.com)

Aisyah Ayu Anggraeni Hidayat, 071511533036 (2019) Platform Donasi Online dan Filantropi Digital (Kajian Aktivitas Filantropi dan Komodifikasi Kampanye Sosial melalui Kitabisa.com). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 80 19 Hid p.pdf
Restricted to Registered users only until 20 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_AISYAH AYU ANGGRAENI HIDAYAT__071511533036.PDF.pdf

Download (351kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus bahasan dalam penelitian ini adalah pada aktivitas filantropi digital yang telah mengalami perkembangan di internet yakni melalui platform donasi online Kitabisa.com, serta bentuk komodifikasi yang dimunculkan pada kampanye sosialnya. Penelitian ini membahas tentang budaya filantropi, kampanye sosial online, dan komodifikasi. Penelitian ini menjadi menarik sebab kampanye sosial yang muncul di website Kitabisa.com dibuat secara sukarela oleh para filantropis yang mereka sebut #OrangBaik. Sedangkan Kitabisa.com sebagai perusahaan menerima keuntungan sebesar 5% dari tiap-tiap kampanye sosial yang dibuat para filantropis tersebut. Selain itu, media baru juga telah memunculkan tren filantropi kekinian yang khas dan telah merevolusi praktek kedermawanan konvensional yang selama ini dilakukan para filantropis di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode etnografi virtual. Proses pengumpulan data dilakukan peneliti dengan dua cara yaitu online dan offline. Secara online yakni dengan mengamati kampanye sosial dan artefak pada website dan media sosial Instagram Kitabisa.com. Sedangkan secara offline ditempuh peneliti dengan melakukan wawancara mendalam secara tatap muka dengan staff perusahaan Kitabisa.com, donatur, campaigner dari kalangan selebriti dan non-selebriti, dan pihak penerima donasi yang kesemuanya menggunakan Kitabisa.com sebagai tempat galang dana. Dengan metodologi ini, peneliti mampu mendeskripsikan aktivitas filantropi digital yang terjadi melalu Kitabisa.com, yang mana transparansi dan kemudahaan donasi menjadi hal utama untuk memunculkan sebuah trust di masyarakat. Selain itu juga mengungkap tujuan utama Kitabisa.com sebagai perusahaan social enterprise yang mana tidak lepas dari usaha-usaha marketing untuk menyukseskan sebuah bisnis sosial. Dalam penelitian ini pula menjelaskan bagaimana kompleksitas identitas para filantropi dalam dunia maya di mediasi menjadi lebih sederhana dan tidak lagi di perdebatkan. Karena memang internet memungkinkan hal-hal tersebut terjadi. Kata

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 80/19 Hid p
Uncontrolled Keywords: Filantropi Digital, Budaya Filantropi, Kampanye Sosial, Social Enterprise, Komodifikasi, dan Etnografi Virtual
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Aisyah Ayu Anggraeni Hidayat, 071511533036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrfan Wahyudi,S.Sos.,M.Comms.,Ph.D, NIDN: '0030108105UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 20 Sep 2019 09:08
Last Modified: 20 Sep 2019 09:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87205
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item