PROSES PERSEPSI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP PERUBAHAN STRUKTUR ORGANISASI MARCHING BAND SEMEN INDONESIA PERIODE 2017-2018

Mochammad Fachrur Rozi, 071511533026 (2019) PROSES PERSEPSI PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP PERUBAHAN STRUKTUR ORGANISASI MARCHING BAND SEMEN INDONESIA PERIODE 2017-2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (36kB)
[img] Text (FULLTEXT)
FIS K 86 19 Roz p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_MOCHAMMAD FACHRUR ROZI (071511533026) .PDF.pdf

Download (471kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses persepsi pengambilan keputusan terhadap perubahan struktur organisasi Marching Band Semen Indonesia periode 2017-2018. Menurut Miller dalam bukunya Organizational Communication proses pengambilan keputusan merupakan salah satu kegiatan yang paling penting dalam suatu organisasi. Menjadi penting diteliti karena dalam proses pengambilan keputusan tidak selamanya akan mengalami keberhasilan, seperti yang diungkapkan oleh Nutt dalam Miller bahwa pengambilan keputusan bisa mengalami kegagalan apabila terjadi suatu masalah dalam proses komunikasinya. Narasumber pada penelitian ini berasal dari manajer pengurus dan manajer pelatihan. Pada manajer pengurus terdiri dari Ketua Pengurus, dan Kepala Bidang Keanggotaan dan Kegiatan, pada manajer pelatihan terdiri dari Ketua Pelatih dan Komandan Corps. Pemilihan Marching Band Semen Indonesia sebagai organisasi yang akan diteliti, karena perubahan struktur yang dialami oleh organisasi ini cukup besar, dapat dilihat dari perbandingan struktur lama dengan struktur yang baru. Banyak bagian-bagian dalam struktur yang dihapus atau dihilangkan, perubahan yang terjadi bukan sekedar pergantian posisi atau tugas saja. Hussey (2004) mengatakan bahwasannya perubahan dalam suatu organisasi merupakan salah satu aspek yang paling kritis untuk manajemen yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualtatif deskriptif, sehingga dalam pengambilan data dilakukan secara kualitatif dengan wawancara mendalam kepada empat narasumber terpilih, peneliti kemudian mendeskripsikan hasil temuan dari wawancara tersebut dengan menggunakan teori decision making processes yang menggunakan lima tahapan dari rasional model, lima tahapan tersebut terdiri dari perumusan masalah, pengembangan konsep, perincian, evaluasi, dan implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan, pada Marching Band Semen Indonesia pegambil keputusan ada pada Ketua Pengurus, secara teori proses pengambilan keputusan pada organisasi MBSI ini menerapkan lima tahapan dari rasional model tersebut. Namun uniknya, pada pengambilan keputusan yang dilakukan oleh Ketua Pengurus ternyata dari hasil wawancara mendalam ada yang tidak setuju dengan keputusan yang diambil untuk memperkecil struktur, meskipun dalam prosesnya seluruh anggota dan pelatih berhak memberikan alternatif solusi, tetapi keputusan kembali lagi kepada Ketua Pengurus, kemudian seluruh anggota dan pelatih yang ada dalam organisasi MBSI berkewajiban mematuhi keputusan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 86/19 Roz p
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Proses Pengambilan Keputusan, Perubahan Struktur, Marching Band Semen Indonesia.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Mochammad Fachrur Rozi, 071511533026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDina Septiani,ph.D., NIDN: '0005098203UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:14
Last Modified: 23 Sep 2019 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87295
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item