Fan War Fans K-Pop dan Keterlibatan Penggemar dalam Media Sosial Instagram

Natazha Putri Agnensia, 071511533028 (2019) Fan War Fans K-Pop dan Keterlibatan Penggemar dalam Media Sosial Instagram. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 89 19 Agn f.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Jurnal_Natazha Putri Agnensia_071511533028.pdf

Download (586kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan content analysis (analisis isi) dalam fenomena fan war (perang komentar antar fans K-Pop) yang terjadi melalui kolom komentar media sosial Instagram antar dua fandom boy group, yaitu ARMY (nama fandom dari BTS) dan EXO-L (nama fandom dari EXO) serta terkaitannya dengan perilaku fanatisme. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis tekstual isi dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis dilakukan dengan cara memaknai pesan yang disampaikan dalam medium Instagram pada kolom komentar oleh penggemar K-Pop dari kedua grup tersebut yang kemudian dikaitkan dengan data-data dan teori yang berkaitan dengan identitas, verifikasi diri, eksistensi, perilaku agresif dan fanatisme. Fan war antar fandom sebagai salah satu wujud perilaku agresif yang didorong oleh fanatisme merupakan pertukaran pesan yang terjadi antar fans dalam upaya membela idol yang disukai dan mempertahankan harga diri, yang pada umumnya komentar yang ditinggalkan berkonotasi negatif (mengandung kalimat sarkastis). Fan war yang terjadi dipicu oleh banyaknya fake account (finsta) dan mendorong akun-akun asli untuk mempercayai hal-hal yang diprovokasikan oleh fake account tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 89/19 Agn f
Uncontrolled Keywords: K-Pop, fan war, fandom, idol, finsta BTS, ARMY, EXO, EXO-L
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Natazha Putri Agnensia, 071511533028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIrfan Wahyudi,S.Sos.,M.Comms.,Ph.D, NIDN: '0030108105UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:35
Last Modified: 23 Sep 2019 07:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item