TRASH-TALKING DALAM GAME ONLINE PADA USER GAME ONLINE DI INDONESIA(Etnografi Virtual Game Online Mobile legends dan Arena of Valor)

LINDA APRILIYA SUGIONO, 071511533037 (2019) TRASH-TALKING DALAM GAME ONLINE PADA USER GAME ONLINE DI INDONESIA(Etnografi Virtual Game Online Mobile legends dan Arena of Valor). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (178kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 90 19 Sug t.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2022.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
JURNAL_Linda Apriliya Sugiono_071511533037.pdf

Download (161kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terhadap trash-talking saat bermain game online Mobile Legends dan Arena Of Valor. Metode penelitian menggunkana teknik analisis kualitatif menggunakan metode etnografi virtual. Etnografi virtual merupakan cara yang digunakan untuk melakukan panduan penelitian di area virtual dengan fokus permasalahan di internet. Pengumpulan data menggunakan konsep Cristine Hine yaitu secara online dan offline antara lain melakukan observasi parstisipan dengan ikut bermain bersama informan, scren captcure dan wawancara mendalam kepada empat user yang melakukan trash-talking pada game online Mobile Legends dan Arena Of Valor. Game Online adalah suatu permainan yang terhubung dengan internet. Tersedianya fasilitas komunikasi dalam game online membuat user bebas dalam melakukan interaksi. Salah satunya yaitu trash-talking merupakan komunikasi verbal yang secara disengaja oleh individu untuk kepentingkan postif dan negatif. Positif jika digunakan sebagai motivasi dan negatif jika digunakan untuk menggangu atau mengintimidasi. Komunikasi yang dilakukan dalam game online Mobile Legeds dan Arena Of Valor melalui chat box yaitu secara tertulis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa identitas user game online Mobile Legeds dan Arena Of Valor tidak hanya identitas total ononymity melainkan partial anonymity dan real name yang tidak membatasi user dalam melakukan trash-talking. Pemilihan kata dalam melakukan trash-talking pun bervariasi, mulai dari hal kecerdasaa dan intelegensi, alat kelamin, nama binatang, aktivitas seksual, dan umpatan bahasa Jawa. selain itu trash-talking digunakan sebagai strategi dalam mendapatkan kemenangan dengan memecahkan konsentrasi lawan untuk fokus dalam chat. Trash-talking juga digunakan sebagai motivasi dalam bermian game online agar lebih baik dari sebelumnya dan sebagai motivasi hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 90/19 Sug t
Uncontrolled Keywords: Game Online, Trash-Talking, User, Mobile Legends, Arena Of Valor, Etnografi virtual.
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
LINDA APRILIYA SUGIONO, 071511533037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.I.Kom.,MA, NIDN: '0001088802UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:41
Last Modified: 23 Sep 2019 07:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87306
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item