PERSEPSI PEKERJA KREATIF INDUSTRI PERIKLANAN DAN PRODUCTION HOUSE TERHADAP PENGGUNAAN PRODUCT PLACEMENT DALAM SINETRON “JODOH WASIAT BAPAK” ANTV

AHMAD YUSUF MUZAQQI, 071511533048 (2019) PERSEPSI PEKERJA KREATIF INDUSTRI PERIKLANAN DAN PRODUCTION HOUSE TERHADAP PENGGUNAAN PRODUCT PLACEMENT DALAM SINETRON “JODOH WASIAT BAPAK” ANTV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Fis k 91 19 Muz p JURNAL.pdf

Download (567kB)
[img] Text (FULLTEXT)
Fis k 91 19 Muz p.pdf
Restricted to Registered users only until 23 September 2022.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada persepsi pekerja kreatif industri periklanan dan production house terhadap penggunaan product placement dalam sinetron Jodoh Wasiat Bapak ANTV. Berbagai macam produk menggunakan sinetron ini sebagai medianya dalam beriklan sebagai alternatif lain yang dipilih dalam memperkenalkan produk pada target segmentasinya akibat dari adanya perubahan sikap dari para penonton yang mempunyai kecenderungan untuk menghindari saat iklan pada commercial break ditayangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan wawancara kepada pekerja kreatif dalam bidang industri periklanan dan production house. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu persepsi dan product placement yang dikaitkan dengan isu yang berkembang, serta beberapa teori lainnya yang relevan. Berdasarkan hasil analisis, peneliti menemukan bahwa tiap informan memiliki persepsi yang unik dan beragam dalam menanggapi fenomena penggunaan product placement terutama dalam sinetron Jodoh Wasiat Bapak ANTV. Perbedaan persepsi terjadi dikarenakan adanya perbedaan pengalaman serta latar belakang posisi dalam industri dimana mereka bekerja yang ikut berperan dalam proses persepsi yang meliputi seleksi, organisasi, dan interpretasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FIS K 91/19 Muz p
Uncontrolled Keywords: persepsi pekerja kreatif, periklanan, product placement, sinetron
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD YUSUF MUZAQQI, 071511533048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatih Puspa, S.Sos.,MA.Ph.D., NIDN: '0019097103UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 23 Sep 2019 07:45
Last Modified: 23 Sep 2019 07:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/87308
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item